PENERAPAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION BERBANTU KAHOOT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AKUNTANSI 1 SMK KOPERASI YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019

EKO P, MAKSIMILIANUS (2019) PENERAPAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION BERBANTU KAHOOT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AKUNTANSI 1 SMK KOPERASI YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019. S1 thesis, Pendidikan Akuntansi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Maksimilianus Eko Prasetyo_15803241026.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi 1 di SMK Koperasi Yogyakarta Tahun Ajaran 2018/2019 melalui penerapan Cooperative Learning Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) Berbantu Kahoot. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah Siswa Kelas X Akuntansi 1 SMK Koperasi Yogyakarta yang berjumlah 26 siswa. Instrumen untuk mengukur Hasil Belajar Akuntansi pada penelitian ini berbentuk tes tertulis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Hasil Belajar Akuntansi mengalami peningkatan hal ini dapat dilihat dari perbandingan nilai rata-rata post-test pada masing-masing siklus, nilai rata-rata post-test siklus I sebesar 81,2. Nilai rata-rata post-test siklus II sebesar 85,7 sehingga dapat dilihat peningkatan Hasil Belajar Akuntansi sebesar 4,5. Peningkatan Hasil Belajar Akuntansi juga dapat dilihat dari persentase ketuntasan siswa yang mencapai KKM pada pre-test siklus I sebesar 7,69% atau sebanyak 2 dari 26 siswa telah mencapai KKM, sedangkan pada siklus II sebesar 14,29% atau sebanyak 3 dari 21 siswa telah mencapai KKM. Hasil post-test siswa pada siklus I sebesar 61,54% atau sebanyak 16 dari 26 siswa telah mencapai KKM, sedangkan pada siklus II sebesar 90,48% atau sebanyak 19 dari 21 siswa telah mencapai KKM. Berdasarkan hasil post-test siklus I dan siklus II dapat disimpulkan, bahwa Hasil Belajar Akuntansi mengalami peningkatan sebesar 28,94%. Jadi, dapat disimpulkan penerapan Cooperative Learning Tipe Student Team Achievement Division Berbantu Kahoot dapat meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi 1 SMK Koperasi Yogyakarta Tahun Ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Student Team Achievement Division (STAD), Kahoot, PTK, Hasil Belajar Akuntansi.
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 24 Jun 2019 02:30
Last Modified: 24 Jun 2019 02:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64339

Actions (login required)

View Item View Item