PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA ASPEK KOGNITIF DITINJAU DARI PERSEPSI SISWA BERKARAKTER BAIK PADA PESERTA DIDIK SMA

Sari, Silvina Anjar and Suparwoto, Suparwoto (2019) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA ASPEK KOGNITIF DITINJAU DARI PERSEPSI SISWA BERKARAKTER BAIK PADA PESERTA DIDIK SMA. S1 thesis, FMIPA.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI BAB 1-V.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk perangkat pembelajaran fisika berbasis inquiry yang layak digunakan dalam mata pelajaran fisika kelas XI semester genap, (2) mendeskripsikan ada tidaknya peningkatan hasil belajar fisika aspek kognitif ditinjau dari persepsi siswa berkarakter baik yang menggunakan perangkat pembelajaran fisika berbasis inquiry, (3) mendeskripsikan ada tidaknya hubungan antara kemampuan awal dan persepsi siswa berkarakter baik terhadap hasil belajar fisika aspek kognitif,. (4) mengetahui kemampuan awal dan persepsi siswa berkarakter baik sebagai prediktor yang baik bagi hasil belajar fisika aspek kognitif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan 4D yaitu define, design, develop dan disseminate mengacu pada Thiagarajan, Semmel-Semmel (1974). Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa RPP, buku peserta didik, dan buku guru. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 2 SMA N 2 Sleman semester genap tahun ajaran 2018/2019. Sebelum diujicobakan pada subjek penelitian, perangkat pembelajaran divalidasi oleh validator ahli dan praktisi. Perangkat pembelajaran yang telah valid dan reliabel kemudian diujicobakan kepada peserta didik XI MIPA 2. Hasil penelitian ini menyimpulkan (1) telah dihasilkan produk perangkat pembelajaran fisika berupa RPP dan buku pegangan peserta didik berbasis inquiry pada materi pokok gelombang bunyi dan cahaya yang layak digunakan dalam pembelajaran fisika di SMA/MA kelas XI semester genap dengan kategori sangat baik, (2) implementasi perangkat pembelajaran fisika berbasis inquiry pada materi pokok gelombang bunyi dan cahaya di kelas XI MIPA 2 SMA N 2 Sleman dapat meningkatkan hasil belajar fisika aspek kognitif ditinjau dari persepsi siswa berkarakter baik, (3) terdapat hubungan antara kemampuan awal dan persepsi siswa berkarakter baik terhadap hasil belajar fisika aspek kognitif, (4) kemampuan awal dan persepsi siswa berkarakter baik merupakan prediktor yang baik bagi hasil belajar fisika aspek kognitif.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Perangkat pembelajaran, inquiry, hasil belajar, persepsi siswa berkarakter baik
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 25 Jun 2019 02:00
Last Modified: 25 Jun 2019 02:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64334

Actions (login required)

View Item View Item