Implementasi Pembelajaran Blended Learning untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Pembuatan Makanan Kontinental di SMK PIUS X Magelang.

Mahanani, Thyara and Hamidah, Siti (2019) Implementasi Pembelajaran Blended Learning untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Pembuatan Makanan Kontinental di SMK PIUS X Magelang. S2 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (987kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (623kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (75kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui: (1) apakah penerapan blended learning dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Kontinental, (2) bagaimana pelaksanaan pembelajaran makanan kontinental menggunakan blended learning untuk meningkatan motivasi dan hasil belajar siswa, dan (3) bagaimana pendapat siswa terhadap pembelajaran yang menggunakan blended learning untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang metodenya mencermati kegiatan belajar sekelompok siswa dengan memberikan tindakan yang sengaja dimunculkan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Tata Boga 1, SMK PIUS X Magelang dengan jumlah siswa 40 sebagai subjek penelitian. Pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, tes, dan angket. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) metode Blended Learning menggunakan media web learning dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI Tata Boga SMK PIUS X Magelang. Peningkatan motivasi dan hasil belajar dapat ditingkatkan hingga mencapai indikator keberhasilan melalui dua siklus penelitian. Siswa menunjukkan motivasi belajar pada Siklus I keseluruhannya berada pada kategori sedang, dan meningkat pada Siklus II menjadi 90% pada kategori tinggi. Hasil belajar siswapun mengalami peningkatan jumlah siswa yang tuntas dibanding saat pre test (35,0%) dan Siklus I (72,5%), pada Siklus II menjadi sebesar 92,5%, yang berarti bahwa indikator keberhasilan penelitian sebesar 85% telah tercapai, (2) Guru melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan blended learning sesuai dengan RPP. Aktivitas belajar siswa juga menunjukkan peningkatan dari Siklus I sebesar 45% menjadi 90% siswa dengan aktivitas belajar yang tinggi pada Siklus II. Pembelajaran dilakukan dengan membagi kelas menjadi beberapa kelompok, kemudian memberikan penugasan untuk mencari informasi terkait dengan materi pelajaran melalui media web learning yang sudah disiapkan guru, selanjutnya siswa diminta untuk praktik membuat hidangan yang sudah dipelajari, dan (3) Mayoritas siswa berpendapat bahwa media web learning yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran menarik (82,5%).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Blended Learning, Motivasi, Hasil Belajar, Pembuatan Makanan Kontinental
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 20 Jun 2019 08:35
Last Modified: 31 May 2021 07:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64333

Actions (login required)

View Item View Item