Evaluasi Program Praktik Kerja Lapangan Program Keahlian Teknik Ketenagalistrikan Sekolah Menengah Kejuruan di Kota Bandar Lampung.

Feriyanto, Dwi (2019) Evaluasi Program Praktik Kerja Lapangan Program Keahlian Teknik Ketenagalistrikan Sekolah Menengah Kejuruan di Kota Bandar Lampung. S2 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
tesis-dwi feriyanto-16721251007.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya diskrepansi penyelenggaraan program Praktik Kerja Lapangan (PKL) pada program keahlian teknik ketenagalistrikan, ditinjau dari: (1) perencanaan program, (2) pelaksanaan program, (3) hasil sementara program, (4) hasil akhir program dan (5) pembiayaan program. Penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan penelitian evaluasi diskrepansi. Sampel penelitian berjumlah 122 peserta PKL, 36 pembimbing industri, 14 guru pembimbing, 3 pengelola program PKL dan 3 Wakil Kepala Sekolah Bidang Hubungan Masyarakat dan Industri. Instrumen diujicobakan kepada 30 peserta didik. Data dikumpulkan melalui kuisioner, wawancara, dan dokumentasi. Uji validitas dilakukan dengan korelasi product moment, sedangkan uji reliabilitas dengan Cronbach Alpha. Hasil nilai validitas dan reliabilitas masingmasing aspek dapat diketahui: (1) aspek perencanaan program PKL dengan nilai rxy antara 0,372 sampai dengan 0,796, dan 0,835, (2) aspek pelaksanaan program PKL dengan nilai rxy antara 0,741 sampai dengan 0,906, dan 0,802, (3) aspek hasil sementara program PKL dengan nilai rxy antara 0,704 sampai dengan 0,832, dan 0,776, (4) aspek hasil akhir program PKL dengan nilai rxy antara 0,661 sampai dengan 0,773, dan 0,881, (5) aspek pembiayaan program PKL dengan nilai rxy antara 0,901 sampai dengan 0,918, dan 0,789. Data dianalisis menggunakan mixed method dengan sequential explanatory design. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa: (1) keberhasilan aspek perencanaan program PKL dengan rerata sebesar 78,74% dan diskrepansi sebesar 21,26%, (2) keberhasilan aspek pelaksanaan program PKL dengan rerata sebesar 84,37% dan diskrepansi sebesar 15,63%, (3) keberhasilan aspek hasil sementara program PKL dengan rerata sebesar 80,06% dan diskrepansi sebesar 19,94%, (4) keberhasilan aspek hasil akhir program PKL dengan rerata sebesar 79,64% dan diskrepansi 20,36%, (5) keberhasilan aspek pembiayaan program PKL dengan rerata sebesar 55,83% dan diskrepansi 44,17%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: evaluasi program, diskrepansi, praktik kerja lapangan
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 20 Jun 2019 08:16
Last Modified: 20 Jun 2019 08:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64329

Actions (login required)

View Item View Item