PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK SMA

Fauziah, Isnaini Nur and Wiyatmo, Yusman (2019) PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK SMA. S1 thesis, FMIPA.

[img]
Preview
Text
TAS_ISNAINI.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan modul fisika berbasis problem based learning (PBL) yang layak untuk meningkatkan minat dan hasil belajar fisika ranah kognitif peserta didik SMA pada materi pokok usaha dan energi, 2) mengetahui peningkatan minat peserta didik terhadap mata pelajaran fisika setelah menggunakan modul fisika berbasis PBL, dan (3) mengetahui peningkatan hasil belajar fisika ranah kognitif peserta didik setelah menggunakan modul fisika berbasis PBL. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model 4-D yaitu: define, design, develop, dan disseminate. Produk penelitian hasil pengembangan berupa modul fisika berbasis PBL pada materi usaha dan energi. Uji coba produk meliputi uji coba terbatas pada peserta didik kelas X MIPA 2 SMA N 1 Kretek dan uji coba lapangan pada peserta didik kelas X MIPA 1 SMA N 1 Kretek. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu RPP, modul fisika berbasis PBL, angket minat, soal pretest-posttest, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Reliabilitas butir soal pretest posttest dianalisis menggunakan Alpha Cronbach. Kelayakan modul fisika berbasis PBL dilihat dari rata-rata skor penilaian validator menggunakan SBi. Peningkatan minat peserta didik diketahui berdasarkan angket minat awal dan akhir. Peningkatan hasil belajar peserta didik diketahui berdasarkan hasil pretest dan posttest. Teknik analisis peningkatan minat dan hasil belajar fisika digunakan standar gain (g). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) modul fisika berbasis PBL yang dihasilkan layak digunakan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar fisika peserta didik SMA dengan nilai rata-rata sebesar 3,63 dengan kategori kualitas sangat baik, (2) penggunaan modul fisika berbasis PBL pada materi usaha energi mampu meningkatkan minat peserta didik terhadap mata pelajaran fisika peserta didik kelas X MIPA 2 pada uji coba terbatas dan peserta didik kelas X MIPA 1 pada uji coba lapangan dengan nilai standar gain secara berturut- turut 0,13 (kategori rendah) dan 0,15 (kategori sedang), (3) penggunaan modul fisika berbasis PBL mampu meningkatkan hasil belajar fisika peserta didik kelas X MIPA 2 pada uji coba terbatas dan peserta didik kelas X MIPA 1 pada uji coba lapangan dengan nilai standar gain secara berturut- turut 0,29 (kategori rendah) dan 0,49 (kategori sedang).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Model problem based learning, minat belajar, dan hasil belajar fisika
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 25 Jun 2019 01:58
Last Modified: 25 Jun 2019 01:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64326

Actions (login required)

View Item View Item