Pengembangan Model Pembelajaran Permainan Joy Target Ball untuk Meningkatkan Keterampilan Manipulatif pada Anak Tunagrahita Ringan SDLB Kelas Atas.

Setiadi, Didik and Sumaryanti, M.S. (2019) Pengembangan Model Pembelajaran Permainan Joy Target Ball untuk Meningkatkan Keterampilan Manipulatif pada Anak Tunagrahita Ringan SDLB Kelas Atas. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (603kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (828kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (984kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model pembelajaran permainan joy target ball untuk meningkatkan kemampuan gerak dasar manipulatif anak tunagrahita ringan yang layak digunakan guru SDLB sebagai salah satu bentuk model pembelajaran yang bervariasi dan menyenangkan. Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) pengumpulan informasi di lapangan, (2) analisis informasi yang telah dikumpulkan, (3) pengembangan produk awal, (4) validasi ahli dan revisi, (5) uji coba lapangan skala kecil dan revisi, (6) uji coba lapangan skala besar, dan revisi (7) Uji efektifitas, dan (8) pembuatan produk final. Uji coba skala kecil dilakukan di SLB Marsudi Putra Bantul. Uji coba skala besar dilakukan di SLB Negeri 1 Bantul dan SLB Negeri 2 Bantul. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu: (1) lembar pedoman wawancara, (2) lembar pedoman observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Uji efektivitas produk yaitu model permainan joy target ball dalam meningkatkan kemampuan gerak dasar manipulatif pada anak tunagrahita ringan dilakukan dengan metode eksperimen semu. Hasil penelitian ini berupa model permainan joy target ball untuk meningkatkan kemampuan gerak dasar manipulatif pada anak tunagrahita ringan yang didokumentasikan dalam DVD dan buku petunjuk pelaksanaan pembelajaran pada anak tunagrahita. Model tersebut terdiri dari lima permainan, yaitu: (1) lempar bola sasaran kain, (2) keranjang warna, (3) bola corong, (4) menanggalkan kun, dan (5) bola bom. Pada akhir penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa model permainan joy target ball yang dibuat sangat menarik, sesuai dengan karakteristik peserta didik dan dapat digunakan sebagai cara mengajar pada pendidikan jasmani adaptif serta sangat efektif untuk meningkatkan kemampuan gerak dasar manipulatif anak tunagrahita ringan SDLB Kelas Atas.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: permainan joy target ball, anak tunagrahita, gerak dasar manipulatif
Subjects: Olahraga
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Jun 2019 07:43
Last Modified: 27 Sep 2019 04:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64320

Actions (login required)

View Item View Item