Penggunaan Authentic Materials dan Created Materials Berbasis Cooperative Script Dalam Pembelajaran Membaca.

Yasini, Adam Bashori and Suryaman, Maman (2019) Penggunaan Authentic Materials dan Created Materials Berbasis Cooperative Script Dalam Pembelajaran Membaca. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (138kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) apakah terdapan perbedaan keefektifan antara penggunaan authentic materials, created materials, dan konvensional dalam kemampuan membaca siswa (2) apakah penggunaan authentic materials lebih efektif daripada materi konvensional dalam kemampuan membaca siswa (3) apakah penggunaan created materials lebih efektif daripada materi konvensional dalam kemampuan membaca siswa (4) apakah penggunaan authentic materials lebih efektif daripada created materials dalam kemampuan membaca siswa (5) materi manakah yang lebih efektif anatara authentic materials, created materials dan konvensional dalam kemampuan membaca siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment yang terdiri dari dua grup eksperimen dan satu grup kontrol. Sampel penelitian ini terdiri dari tiga kelas dari siswa kelas VIII SMPN 9 Yogyakarta. Variabel dalam penelitian ini adalah authentic materials dan created materials sebagai variabel bebas dan kemampuan membaca sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data menggunakan pretest dan post-test. Analisis data menggunkan ANOVA satu jalur yang dilanjutkan dengan uji Scheffe menggunakan program SPSS 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan yang signifikan antara penggunaan authentic materials, created materials,dan materi konvensioanl dalam kemampuan membaca siswa, dengan nilai F sebesar 76,351 dan nilai sig. sebesar 0,00 atau sig. < 0,05. (2) penggunaan authentic materials lebih efektif daripada materi konvensional dalam kemampuan membaca siswa, dengan mean difference sebesar 19,140 dan nilai sig. sebesar 0,00 atau sig. < 0,05. (3) penggunaan created materials lebih efektif daripada materi konvensional dalam kemampuan membaca siswa, dengan mean difference sebesar 16,960 dan nilai sig. sebesar 0,00 atau sig. < 0,05. (4) penggunaan authentic materials lebih efektif daripada created materials dalam kemampuan membaca siswa, dengan mean difference sebesar 2,180 dan nilai sig. sebesar 0,00 atau sig. < 0,05. (5) materi yang paling efektif dalam kemampuan membaca siswa adalah authentic materials yang ditunjukkan oleh mean difference yang diuji dengan uji Scheffee dan itu menunjukkan hasil yang positif.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: authentic materials, created materials, cooperative script, pembelajaran membaca.
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Jun 2019 04:10
Last Modified: 25 Sep 2019 02:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64314

Actions (login required)

View Item View Item