Pengaruh Penggunaan Metode Quantum Teaching dan Metode Cooperative Integrated Reading and Composition Terhadap Kemampuan Menulis Deskripsi Siswa Kelas V SD Muhammadiyah 1 Alternatif Kota Magelang.

Arditya, Gunawan and Syamsi, Kastam (2019) Pengaruh Penggunaan Metode Quantum Teaching dan Metode Cooperative Integrated Reading and Composition Terhadap Kemampuan Menulis Deskripsi Siswa Kelas V SD Muhammadiyah 1 Alternatif Kota Magelang. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (613kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui: (1) pengaruh metode quantum teaching terhadap kemampuan menulis deskripsi siswa. (2) pengaruh metode cooperative integrated reading and composition terhadap kemampuan menulis deskripsi siswa, (3) perbedaan pengaruh metode quantum teaching, dan metode cooperative integrated reading and composition terhadap kemampuan menulis deskripsi siswa. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasy experiment. Desain penelitian ini menggunakan nonequivalent control group pretest-postest design dengan dua kelompok eksperimen dan satu kelompok kontrol. Tempat penelitian adalah SD Muhammadiyah 1 Alternatif kota Magelang. Penentuan subjek dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling dengan subjek penelitian adalah siswa kelas 5 SD Muhammadiyah 1 Alternatif kota Magelang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis. Pengujian validitas dan reliabilitas dalam penelitian ini menggunkan teknik expert judgement. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t dan anova. Hasil penelitian menyatakan dari ketiga kelas, dua kelas eksperimen dan satu kelas kontrol mengalami peningkatan, namun kelas ekperimen meningkat lebih baik dari pada kelas kontrol, dimana nilai postest ekperimen quantum teaching yaitu 71,74, eksperimen cooperative integrated reading and composition yaitu 72,63 dan kelas dengan metode konvensional 66,89. Untuk hasil analisis inferensial kelas quantum teaching menggunkan uji t independen didapatkan nilai signifikansi sebesar 0,010 dan kelas cooperative integrated reading and composition signifikansi yaitu 0,006 dan untuk hasil uji postest anova didapatkan nilai signifikansi 0,010. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh sebagai berikut: (1) Penggunaan metode Quantum Teaching berpengaruh terhadap kemampuan menulis deskripsi siswa; (2) Penggunaan metode Cooperative intergrated Reading and Composition berpengaruh terhadap kemampuan menulis deskripsi siswa; (3) Terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara penggunaan metode Quantum Teaching dan Cooperative intergrated Reading and Composition terhadap kemampuan menulis deskripsi siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Quantum Teaching, Cooperative intergrated Reading and Composition, Menulis Deskripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Jun 2019 04:01
Last Modified: 23 Sep 2019 01:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64313

Actions (login required)

View Item View Item