PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK FISIKA BERBASIS RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERING (REACT) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMA

Utami, Dian and Sukardiyono, Sukardiyono (2019) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK FISIKA BERBASIS RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERING (REACT) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMA. S1 thesis, FMIPA.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (20MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan LKPD berbasis REACT yang layak untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar peserta didik SMA; (2) mengetahui besar peningkatan keterampilan proses sains peserta didik menggunakan LKPD berbasis REACT; dan (3) mengetahui besar peningkatan hasil belajar peserta didik menggunakan LKPD berbasis REACT. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan desain 4D Models yang terdiri dari empat tahap, yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 1 Seyegan. LKPD yang dikembangkan diujicobakan kepada 15 peserta didik kelas X IPA 1 untuk uji coba terbatas dan 26 peserta didik kelas X IPA 4 untuk uji lapangan. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari instrumen perangkat pembelajaran yaitu RPP dan LKPD berbasis REACT serta instrumen pengumpulan data yaitu lembar observasi keterlaksanaan RPP, lembar observasi keterampilan proses sains, angket respon peserta didik, dan soal pretest-posttest. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu analisis kelayakan instrumen dan hasil respon peserta didik menggunakan Sbi, tingkat persetujuan asesor menggunakan Percentage of Agreement, analisis keterlaksanaan RPP menggunakan Interjudge Agreement, analisis validitas kisi-kisi soal menggunakan V’aiken, analisis peningkatan hasil belajar dengan menggunakan standard gain, dan analisis pencapaian keterampilan proses sains menggunakan KPS. Hasil penelitian menunjukkan: (1) telah dihasilkan LKPD berbasis REACT yang layak digunakan dengan kategori sangat baik untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar peserta didik SMA; (2) besar peningkatan keterampilan proses sains dengan menggunakan LKPD berbasis REACT ditunjukan dengan nilai standard gain sebesar 0,60 pada kategori sedang; (3) besar peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan LKPD berbasis REACT ditunjukan dengan nilai standard gain sebesar 0,47 pada kategori sedang.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: LKPD, Relating-Experiencing-Applying-Cooperating-Transfering, keterampilan proses sains, hasil belajar
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 25 Jun 2019 01:59
Last Modified: 25 Jun 2019 01:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64311

Actions (login required)

View Item View Item