Penerapan Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa (Studi pada Mata Pelajaran Estimasi Rencana Anggaran Biaya Kelas XI SMK Negeri 1 Petasia Kabupaten Morowali Utara).

Amin, Ibrahim Moh and Sutarto, Sutarto (2019) Penerapan Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa (Studi pada Mata Pelajaran Estimasi Rencana Anggaran Biaya Kelas XI SMK Negeri 1 Petasia Kabupaten Morowali Utara). S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (729kB)
[img] Text
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Peningkatan motivasi belajar siswa melalui penerapan Problem-Based Learning pada mata pelajaran Estimasi Rencana Anggaran Biaya, (2) Peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan Problem-Based Learning pada mata pelajaran Estimasi Rencana Anggaran Biaya. Bentuk penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di kelas XI (sebelas) Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Petasia Kabupaten Morowali Utara Provinsi Sulawesi Tengah pada mata pelajaran Estimasi Rencana Anggaran Biaya dengan jumlah populasi adalah sebanyak 18 orang siswa. Penelitian dilakukan pada Bulan April 2016. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi kegiatan pembelajaran dikelas dan tes tertulis. Objek yang diobservasi adalah guru dan siswa. Data hasil observasi dioleh dengan analisis kualitatif, sedangkan data hasil belajar siswa diolah dengan teknik analisis statistik deskriptif, yaitu menghitung persentase daya serap siswa dan persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Motivasi belajar siswa meningkat dari kriteria kurang pada kegiatan pra tindakan menjadi sangat baik pada akhir tindakan atau siklus III. Peningkatan motivasi belajar siswa terjadi pada semua aspek, yaitu: kesiapan siswa mengikuti kegiatan pembelajaran, kemauan menghubungkan konsep lama dengan masalah baru, kerja sama dan kemauan mengekspresikan ide dalam kelompok belajar, kemauan menyelesaikan tugas sebagai rasa tanggung jawab, kemauan mempresentasikan hasil diskusi kelompok, (2) Hasil belajar siswa meningkat dengan capaian: nilai rata-rata siswa pada kegiatan pra tindakan adalah 56,80 sedangkan pada akhir penelitian tindakan kelas nilai rata-rata siswa 87,30. Kedua angka tersebut menunjukkan adanya kenaikan prestasi belajar siswa sebesar 30,50%. Jumlah siswa yang tuntas atau mencapai niai KKM pada kegiatan pra tindakan adalah 4 orang dari 18 orang atau sebesar 22,20% sedangkan pada penelitian tindakan kelas meningkat menjadi 18 orang atau 100%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Problem-Based Learning, Motivasi Belajar, Hasil Belajar.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 17 Jun 2019 03:40
Last Modified: 31 May 2021 06:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64285

Actions (login required)

View Item View Item