PENGARUH PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP KARAKTER DISIPLIN SISWA KELAS IV SD NEGERI SE-KECAMATAN PENGASIH KABUPATEN KULON PROGO

Fauzi, Afnan (2019) PENGARUH PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP KARAKTER DISIPLIN SISWA KELAS IV SD NEGERI SE-KECAMATAN PENGASIH KABUPATEN KULON PROGO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Afnan Fauzi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh reward terhadap karakter disiplin siswa, (2) mengetahui pengaruh punishment terhadap karakter disiplin siswa, dan (3) mengetahui pengaruh reward dan punishment terhadap karakter disiplin siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri se-Kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo yang telah diambil sampelnya secara purposive dengan jumlah 281 siswa dan sampel berjumlah 166 siswa yang ditentukan dengan rumus Slovin. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan skala psikologi. Uji validitas instrumen menggunakan validitas isi dengan teknik expert judgement, sedangkan untuk mengetahui daya beda item menggunakan rumus korelasi item-total terkoreksi. Reliabilitas instrumen diketahui dengan Alpha Cronbach. Uji prasyarat analisis yang dilakukan adalah uji normalitas, uji linearitas, dan uji multikolinearitas. Uji hipotesis menggunakan teknik analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan pemberian reward terhadap karakter disiplin siswa, yaitu diperoleh nilai thitung 2,673 dengan nilai signifikansi 0,008 (0,008<0,05). Sumbangan variabel pemberian reward terhadap karakter disiplin siswa sebesar 4,2%, (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan pemberian punishment terhadap karakter disiplin siswa, yaitu diperoleh nilai thitung 6,108 dengan nilai signifikansi 0,000 (0,000<0,05). Sumbangan variabel pemberian punishment terhadap karakter disiplin siswa sebesar 18,7%, (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan pemberian reward dan punishment terhadap karakter disiplin siswa, yaitu diperoleh nilai Fhitung 27,508 dengan signifikansi 0,000 (0,000<0,05). Sumbangan variabel pemberian reward dan punishment terhadap karakter disiplin siswa sebesar 24,3%. Artinya, semakin baik pemberian reward dan punishment, maka akan meningkatkan karakter disiplin siswa. Kata Kunci: pengaruh reward, pengaruh punishment,, karakter disiplin

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 14 Jun 2019 07:06
Last Modified: 14 Jun 2019 07:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64280

Actions (login required)

View Item View Item