IMPLEMENTASI NILAI-NILAI DISIPLIN PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI SIDAKAN, KULON PROGO TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Seftiana, Devi (2019) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI DISIPLIN PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI SIDAKAN, KULON PROGO TAHUN PELAJARAN 2018/2019. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Devi Seftiana.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan yang hendak dicapai. Tujuan penilitian ini adalah mendeskripsikan implementasi nilai-nilai disiplin pada siswa kelas V SD Negeri Sidakan, Desa Banaran, Kecamatan Galur, Kabupaten Kulon Progo Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang dilakukan peneliti adalah penelitian kualitatif. Sumber data penelitian terdiri dari kepala sekolah, guru kelas V, siswa kelas V, dan dokumen yang terkait dengan implementasi nilai-nilai disiplin pada siswa kelas V. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Sidakan, Banaran, Galur, Kulon Progo. Data dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji melalui triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi nilai-nilai disiplin pada siswa kelas V di SD Negeri Sidakan dilakukan dengan tiga teknik. Teknik cooperatif control guru dan siswa telah membuat kesepakatan peraturan dan hukuman di awal semester, teknik external control guru belum memberikan sanksi yang konsisten untuk siswa yang tidak disiplin dan belum memberikan hadiah yang konsisten kepada siswa yang disiplin, serta teknik internal control guru telah memberikan keteladanan dan motivasi kepada siswa namun guru masih sering terlambat berangkat ke sekolah. Hambatan yang terjadi dalam implementasi nilai-nilai disiplin siswa kelas V adalah keterbatasan guru dalam mengamati setiap kegiatan siswa dan belum ada sanksi tertulis. Guru perlu meningkatkan perhatian kepada siswa dalam setiap aktifitas, memberikan pujian kepada siswa yang disiplin, bersikap tegas ketika ada siswa yang melanggar, serta selalu memberikan keteladanan dan motivasi. Kata kunci: implementasi, nilai-nilai, disiplin, kelas V.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 14 Jun 2019 05:14
Last Modified: 14 Jun 2019 05:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64277

Actions (login required)

View Item View Item