KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL GURU KELAS V DI SD NEGERI BACIRO YOGYAKARTA

Noviany, Caicilia Bondan Widhia (2019) KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL GURU KELAS V DI SD NEGERI BACIRO YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Caicilia Bondan WN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kompetensi pedagogik dan profesional guru kelas V di SD Negeri Baciro Yogyakarta. Kompetensi pedagogik dan profesional guru meliputi lima aspek yaitu: (1) penguasaan materi, (2) penguasaan standar kompetensi dan kompetensi dasar, (3) pengembangan materi, (4) pengembangan keprofesionalan, dan (5) pemanfaatan TIK. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif tipe studi kasus. Subyek penelitian adalah guru kelas lima di SD Negeri Baciro Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan terdiri dari tiga tahap yaitu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru kelas lima telah menguasai lima aspek kompetensi pedagogik dan profesional. Hal ini ditunjukkan oleh: (1) guru menguasai materi dari kelima mata pelajaran, (2) guru sudah menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu melalui pembuatan RPP yang telah disesuaikan KI, KD, dan tujuan pembelajaran, (3) guru mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif dengan memilih materi sesuai dengan perkembangan siswa, menggunakan bermacam-macam metode mengajar, menggunakan media. Namun, guru belum menggunakan atau membuat media yang interaktif bagi siswa, (4) guru mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), mengevaluasi diri melalui orang tua siswa, dan mendengarkan pendapat siswa. Namun, guru belum memiliki prestasi akademik sesuai dengan bidangnya, dan (5) guru memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dengan siswa melalui penggunaan laptop, LCD, dan speaker dalam mengajar, Guru juga memanfaatkan internet untuk mencari bahan referensi, serta menggunakan media komunikasi telepon genggam untuk berkomunikasi dengan orang tua. Kata kunci: kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, guru

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 14 Jun 2019 03:39
Last Modified: 14 Jun 2019 03:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64273

Actions (login required)

View Item View Item