PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN MELALUI MEDIA KARTU ANGKA PADA ANAK KELOMPOK A DI TK NEGERI PEMBINA BENGKAYANG KALIMANTAN BARAT

Nur Mauliddah, Danauwiyah (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN MELALUI MEDIA KARTU ANGKA PADA ANAK KELOMPOK A DI TK NEGERI PEMBINA BENGKAYANG KALIMANTAN BARAT. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
Skripsi_Nur Mauliddah Danauwiyah_15111241001.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pengenalan lambang bilangan melalui media kartu angka pada anak kelompok A di TK Negeri Pembina Bengkayang Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang menggunakan model Kammis dan Mc Taggart dan dilakukan secara kolaborasi antara guru kelas dan peneliti. Tempat penelitian di TK Negeri Pembina Bengkayang. Subjek penelitian ini berjumlah 10 anak yang terdiri dari 6 anak laki-laki dan 4 anak perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi berbentuk checklist dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Kriteria keberhasilan penelitian ini yaitu kriteria anak pada kategori berkembang sesuai harapan dan berkembang sangat baik dengan persentase pengenalan membilang anak mencapai sebesar 75% dari anak seluruh kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengenalan lambang bilangan anak menggunakan kartu angka dapat meningkat, dengan langkah-langkah yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan pengenalan lambang bilangan pada anak Kelompok A sebagai berikut: 1) Guru menyiapkan peserta didik; 2) Guru mengenalkan dan menjelaskan media kartu angka pada anak; 3) Guru memberikan kegiatan pada anak satu persatu; 4) Guru memberikan pertanyaan sesuai lembar observasi pada anak tentang lambang bilangan; 5) Anak diberi kesempatan untuk maju di depan kelas atau menjawab secara langsung untuk menunjukkan kemampuan mengenal lambang bilangan menggunakan media kartu angka. Kemampuan anak dalam mengenal lambang bilangan menggunakan media kartu angka secara urut dan benar pada Pra Tindakan memperoleh persentase sebesar 0% dan masih belum meningkat pada Siklus I dengan 0%, perkembangan meningkat pada Siklus II memperoleh persentase sebesar 40% dan meningkat kembali pada Siklus III dengan memperoleh persentase sebesar 100% sehinga melampaui kriteria keberhasilan yang diinginkan. Kata Kunci: lambang bilangan, kartu angka, anak tk.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 14 Jun 2019 04:24
Last Modified: 14 Jun 2019 04:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64271

Actions (login required)

View Item View Item