UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DENGAN MODEL TEAM GAMES TOURNAMENT MATERI MENGUBAH PECAHAN BIASA MENJADI DESIMAL SISWA KELAS V SDN BEJI

Dwilestari, Yuliana (2019) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DENGAN MODEL TEAM GAMES TOURNAMENT MATERI MENGUBAH PECAHAN BIASA MENJADI DESIMAL SISWA KELAS V SDN BEJI. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Yuliana Dwilestari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada materi mengubah pecahan biasa menjadi desimal serta sebaliknya dengan menggunakan model pembelajaran Team Games Tournament pada siswa kelas V SDN Beji Wates. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret 2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan selama dua siklus dengan menggunakan model penelitian menurut Kemmis dan Mc. Taggart. Tahapan yang dilakukkan dalam penelitian ini meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD N Beji yang berjumlah 26 siswa yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes, observasi dan dokumentasi. Instrument penelitian yang digunakan berupa tes tertulis, lembar observasi guru, dan lembar observasi siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah anaisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Team Games Tournament pada materi mengubah pecahan biasa menjadi desimal serta sebaliknya mengalami peningkatan. Hal ini dilihat dari sebelum tindakan, nilai rata-rata siswa adalah 35,38 dengan persentase ketuntasan yaitu 3,85%. Pada siklus I, nilai rata-rata siswa menjadi 69,23 dengan persentase ketuntasan yaitu 46,15%. Pada siklus II, nilai rata-rata siswa menjadi 86,41 dengan persentase ketuntasan yaitu 76,92%. Penggunaan model pembelajaran Team Games Tournament pada siklus II diperoleh data lebih dari 75% siswa dari keseluruhan jumlah siswa memperoleh nilai di atas KKM sehingga pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Team Games Tournament meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Team Games Tournament, Hasil Belajar Matematika, Pecahan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 14 Jun 2019 03:25
Last Modified: 14 Jun 2019 03:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64268

Actions (login required)

View Item View Item