PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SENTRA BALOK PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK MASJID SYUHADA YOGYAKARTA

Yora, Harlistyarintica (2019) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SENTRA BALOK PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK MASJID SYUHADA YOGYAKARTA. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
Yora Harlistyarintica_15111244009.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pelaksanaan pembelajaran sentra balok di TK Masjid Syuhada Yogyakarta. Pelaksanaan pembelajaran sentra balok pada penelitian ini berfokus pada pelaksanaan pembelajaran sentra balok pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian dilakukan di TK Masjid Syuhada Yogyakarta dengan subjek penelitian meliputi guru sentra balok, kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, 5 guru kelas, dan 92 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumen. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles & Huberman meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan pembelajaran menggunakan Prosem, RPPM, dan RPPH; (2) Pelaksanaan pembelajaran menggunakan empat pijakan main. Kegiatan pijakan lingkungan main meliputi: menata dan menyiapkan alat dan bahan main. Kegiatan pijakan sebelum main meliputi: penyampaian tema kegiatan melalui media gambar atau film, penyampaian kegiatan main dan aturan main, pengenalan bentuk geometri pada balok, kegiatan transisi sebelum main. Kegiatan pijakan selama main meliputi: anak bermain konstruksi menggunakan media balok, bermain peran mikro, menggambar, dan menamai hasil bangunannya, guru memberikan motivasi dan bantuan pada anak yang membutuhkan serta melakukan penilaian. Kegiatan pijakan setelah main meliputi: membereskan dan merapikan alat main, menyanyikan lagu sesuai tema kegiatan, recalling kegiatan, penyampaian pesan dan informasi serta berdoa; (3) Evaluasi pembelajaran menggunakan penilaian perkembangan anak berupa catatan anekdot, analisa hasil karya anak, penilaian harian, penilaian mingguan dan bulanan, raport. Kata kunci: pembelajaran TK, sentra balok

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 13 Jun 2019 03:01
Last Modified: 13 Jun 2019 03:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64265

Actions (login required)

View Item View Item