UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF VOKAL MELALUI BERMAIN KONSTRUKTIF PADA KELOMPOK A DI TK BOPKRI WIROBRAJAN

Ruth Vika Indah, Nurani (2019) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF VOKAL MELALUI BERMAIN KONSTRUKTIF PADA KELOMPOK A DI TK BOPKRI WIROBRAJAN. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
Ruth Vika Indah Nurani_14111241020.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf vokal anak kelompok A melalui bermain konstruktif di TK Bopkri Wirobrajan Yogyakarta. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya anak yang masih kesulitan dalam mengenal huruf, terutama huruf vokal yaitu “a”, “i”, “u”, “e”, “o”, guru dalam pembelajaran mengenalkan huruf lebih menekankan pada pemberian tugas bentuk lembar kerja, misalnya menebalkan huruf, atau menjiplak huruf. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif, dengan kolaborator guru kelas kelompok A dan pengamatnya adalah peneliti. Desain penelitian ini menggunakan desain penelitian model Kemmis dan McTaggart. Subjek penelitian anak kelompok A TK Bopkri Wirobrajan yang berjumlah 14 anak. Siswa laki-laki 5 anak, siswa perempuan 9 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan kemampuan dapat ditingkatkan melalui langkah-langkah pertama guru mengenalkan huruf vokal a, i, u, e, o. Kedua ketika anak sudah paham guru meminta anak untuk berada dikelompok yang sudah dibagi oleh guru. Ketiga anak diminta untuk membentuk huruf vokal melalui bermain konstruktif menggunakan lego, plastisin, dan balok. Keempat anak diminta untuk menyebut dan menunjuk huruf a,i,u,e,o pada tulisan yang sudah disiapkan. Hasil kemampuan mengenal huruf meningkat terbukti dari kondisi awal 55,2% pada siklus I menjadi 78,5% pada siklus II meningkat menjadi 86,6%. Kata Kunci: mengenal huruf vokal, bermain konstruktif, anak TK,kelompok A

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 13 Jun 2019 02:48
Last Modified: 13 Jun 2019 02:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64264

Actions (login required)

View Item View Item