EVALUASI PEMENUHAN STANDAR SARANA DAN PRASARANA DI TAMAN KANAK-KANAK NEGERI SE-KOTA YOGYAKARTA

Artdisa Dea, Amalta (2019) EVALUASI PEMENUHAN STANDAR SARANA DAN PRASARANA DI TAMAN KANAK-KANAK NEGERI SE-KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
Artdisa Dea Amalta_15111241017_.doc
Restricted to Registered users only

Download (17MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pemenuhan standar sarana dan prasarana sesuai dengan standar sarana dan prasarana Taman Kanak-kanak. Pemenuhan standar sarana prasarana dilihat dari segi ketersediaan, kecukupan, dan kelayakan pada Taman Kanak-kanak Negeri se-Kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif dengan pendekatan kuantitatif. Model evaluasi yang digunakan adalah model evaluasi kesenjangan (discrepancy evaluation model) yang dikembangkan oleh Malcolm Provus. Penelitian ini membandingkan antara sarana prasarana di TK Negeri se-Kota Yogyakarta dengan standar sarana prasarana yaitu NSPK tahun 2013 dan NSPK tahun 2015. Variabel penelitian ini adalah ketersediaan, kecukupan, dan kelayakan sarana prasarana yang terdapat di Taman Kanak-kanak Negeri se-Kota Yogyakarta. Penelitian ini bertempat di TK Negeri se-Kota Yogyakarta yaitu TK Negeri Pembina Yogyakarta, TK Negeri 2 Yogyakarta, TK Negeri 3 Yogyakarta, dan TK Negeri 4 Yogyakarta. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif persentase. Hasil penelitian ini adalah Taman Kanak-kanak Negeri se-Kota Yogyakarta belum seluruhnya memenuhi standar sarana dan prasarana. Pemenuhan sarana prasarana tertinggi terdapat pada TK Negeri Pembina Yogyakarta dan terendah pada TK Negeri 4 Yogyakarta. Dari sisi ketersediaan, yang paling tersedia terdapat pada TK Negeri Pembina Yogyakarta, sedangkan yang paling kurang tersedia terdapat pada TK Negeri 4 Yogyakarta. Dari sisi kecukupan, yang paling mencukupi terdapat pada TK Negeri Pembina Yogyakarta dan TK Negeri 2 Yogyakarta, sedangkan yang paling kurang mencukupi terdapat pada TK Negeri 4 Yogyakarta. Dari sisi kelayakan, yang paling layak terdapat pada TK Negeri Pembina Yogyakarta dan TK Negeri 2 Yogyakarta, sedangkan yang paling kurang layak terdapat pada TK Negeri 4 Yogyakarta. Kata Kunci: evaluasi, sarana dan prasarana, taman kanak-kanak

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 13 Jun 2019 02:34
Last Modified: 13 Jun 2019 02:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64262

Actions (login required)

View Item View Item