MENINGKATKAN KINERJA BERDISKUSI MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER DI KELAS IV SD NEGERI SUMBERAGUNG

Wulandari, Ainun Trie (2019) MENINGKATKAN KINERJA BERDISKUSI MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER DI KELAS IV SD NEGERI SUMBERAGUNG. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Ainun Trie Wulandari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kinerja berdiskusi melalui model pembelajaran cooperative learning tipe numbered head together di kelas IV SD Negeri Sumberagung. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Sumberagung yang berjumlah 15 siswa. Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam satu siklus. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi dan skala tindakan. Teknik analisis data yaitu deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah sebanyak 75% dari total seluruh siswa mendapatkan skor minimal 76-85 (kriteria baik/B). Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kinerja berdiskusi setelah menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe numbered head together yaitu pada pratindakan seluruh siswa atau 100% memperoleh kriteria kurang. Kemudian pada akhir siklus I, terjadi peningkatan dengan 13 siswa atau 87% memperoleh kriteria baik dan 2 siswa atau 13% memperoleh kriteria cukup. Kata Kunci: kinerja berdiskusi, numbered head together

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 13 Jun 2019 01:44
Last Modified: 13 Jun 2019 01:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64260

Actions (login required)

View Item View Item