PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR IPS MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY PADA SISWA KELAS V B SD N PUNDUNG BANTUL

Yuniati, Vivi (2019) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR IPS MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY PADA SISWA KELAS V B SD N PUNDUNG BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
vivi yuniati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar IPS menggunakan metode pembelajaran Course Review Horay pada siswa kelas V B SD N Pundung Bantul. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan model dari Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus meliputi: (1) tahap perencanaan, (2) pelaksanaan dan observasi, dan (3) refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V B SD N Pundung Bantul yang berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan skala psikologi. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan skala motivasi belajar. Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode course review horay dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V B SD N Pundung Bantul dalam mata pelajaran IPS yang ditandai dengan meningkatnya persentase motivasi belajar siswa. Hasil skala motivasi belajar IPS siswa pada pra siklus adalah 66% dengan kriteria sedang, meningkat pada siklus I menjadi 72% dengan kriteria sedang, dan meningkat pada siklus II menjadi 84% dengan kriteria tinggi. Kata kunci: motivasi belajar IPS, metode pembelajaran course review horay

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 13 Jun 2019 01:42
Last Modified: 13 Jun 2019 01:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64259

Actions (login required)

View Item View Item