PENINGKATAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MELIPAT KERTAS PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD TUNAS BANGSA NYANDUNG KECAMATAN SAMALANTAN KABUPATEN BENGKAYANG

Hasmi Naura, Nazifa (2019) PENINGKATAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MELIPAT KERTAS PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD TUNAS BANGSA NYANDUNG KECAMATAN SAMALANTAN KABUPATEN BENGKAYANG. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
Skripsi_Hasmi Naura Nazifa_15111241048.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik halus melalui kegiatan melipat kertas pada anak usia 5-6 tahun di PAUD Tunas Bangsa Nyandung Kecamatan Samalantan, Kabupaten Bengkayang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang berkolaborasi antara guru dan peneliti. Model penelitian yang digunakan mengadaptasi dari Kemmis dan Mc Taggart. Subjek yang diteliti adalah anak yang berusia 5-6 tahun berjumlah 12 orang anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi. Kriteria keberhasilan ini minimal nilai rata-rata kelas ≥ 10. Teknik analisis data menggunakan analisis deksriptif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan melipat kertas mampu meningkatkan keterampilan motorik halus anak usia 5-6 tahun di PAUD Tunas Bangsa Nyandung Kecamatan Samalantan, Kabupaten Bengkayang. Langkah-langkah penelitian yang dapat meningkatkan keterampilan motorik halus melalui kegiatan melipat kertas dengan 1) ) membuat kesepakatan dengan anak agar memperhatikan penjelasan serta mengerjakan tugas yang diberikan dengan usaha sendiri, 2) penjelasan langkah-langkah kegiatan melipat kertas diulang-ulang, 3) pemberian reward baik secara verbal maupun visual, serta 4) memperagakan cara melipat kertas di depan kelas dengan media yang berukuran besar. Hal ini ditunjukkan dengan kondisi awal Keterampilan motorik halus anak saat pra tindakan menunjukkan skor rata-rata kelas 6,56 pada kriteria masih berkembang (MB). Pada Siklus I, menunjukkkan skor rata-rata kelas 5,81 pada kriteria masih berkembang (MB). Pada Siklus II, terjadi peningkatan yang signifikan pada skor rata-rata kelas yang menunjukkan 10,09 dengan kriteria berkembang sangat baik (BSB). Kata Kunci: keterampilan motorik halus, kegiatan melipat kertas, anak usia 5-6 tahun

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 13 Jun 2019 01:19
Last Modified: 13 Jun 2019 01:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64258

Actions (login required)

View Item View Item