TINGKAT KETERAMPILAN SOSIAL ANAK TK KELOMPOK B DI GUGUS II KECAMATAN BERBAH, SLEMAN, YOGYAKARTA

Yuana, Resmasari (2019) TINGKAT KETERAMPILAN SOSIAL ANAK TK KELOMPOK B DI GUGUS II KECAMATAN BERBAH, SLEMAN, YOGYAKARTA. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
SKRIPSI_YUANA RESMASARI_15111244010.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana keterampilan sosial anak Kelompok TK B di Gugus II Kecamatan Berbah, Sleman. Penelitian ini fokus pada keterampilan sosial meliputi keterampilan berkomunikasi, menjadi bagian kelompok, kerja sama, kontrol diri, empati dan tanggung jawab. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun di TK Gugus II Kecataman Berbah berjumlah 93 anak. Objek penelitian ini adalah keterampilan sosial. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Instrumen dalam penelitian ini berupa pedoman observasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan sosial anak usia 5-6 tahun di TK Gugus II Kecataman Berbah, Sleman masuk dalam kriteria sebagai berikut:1) sangat tinggi karena mencapai skor 22-27 dengan jumlah frekuensi 49 dan hasil persentase 53%; 2) tinggi dari perolehan skor 17-21 dengan jumlah frekuensi 30 dan hasil persentase 32%; 3) sedang dari skor 11-16 dengan jumlah frekuensi 13 dan hasil persentase 14%.; 4) rendah dari perolehan skor 6-10 dengan jumlah frekuensi 1 dan hasil persentase 1%; dan 5) rendah dengan jumlah frekuensi 0 dan hasil persentase 0%. Keterampilan sosial anak yang sudah berkembang baik secara menyeluruh adalah kemampuan untuk mendengarkan orang lain ketika berbicara. Adapun keterampilan sosial anak yang belum berkembang secara menyeluruh adalah kemampuan memuji hasil karya teman. Keluarga, lingkungan, dan sekolah memiliki peran penting dalam perolehan keterampilan sosial anak yang sangat tinggi. Kata kunci: keterampilan sosial dan anak usia 5-6 tahun

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 13 Jun 2019 01:15
Last Modified: 13 Jun 2019 01:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64257

Actions (login required)

View Item View Item