HUBUNGAN BIMBINGAN BELAJAR OLEH ORANG TUA DI RUMAH DENGAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN PADA ANAK TK KELOMPOK B DI PAUD GUGUS I KECAMATAN KRETEK, BANTUL

Diyah, Widiastuti (2019) HUBUNGAN BIMBINGAN BELAJAR OLEH ORANG TUA DI RUMAH DENGAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN PADA ANAK TK KELOMPOK B DI PAUD GUGUS I KECAMATAN KRETEK, BANTUL. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
Diyah Widiastuti_15111244004.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara bimbingan belajar oleh orang tua terhadap kemampuan menulis permulaan pada anak TK Kelompok B di PAUD Gugus I Kecamatan Kretek, Bantul. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif korelasional. Subyek penelitian adalah 81 orang tua dan 81 anak kelompok B di PAUD Gugus 1 Kecamatan Kretek, Bantul. Data dikumpulkan menggunakan teknik angket dan observasi. Instrumen penelitian menggunakan lembar angket dan lembar observasi yang telah diuji validitas serta reliabilitasnya melalui uji validitas empiris dan uji reliabilitas internal menggunakan rumus Alpha Cronbach. Angket digunakan untuk mengukur variabel bimbingan belajar oleh orang tua di rumah, sedangkan observasi untuk mengukur. Analis data dilakukan menggunakan analisis korelasional product moment Pearson dengan bantuan program hitung IBM SPSS Statistic 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara bimbingan belajar oleh orang tua di rumah dan kemampuan menulis permulaan anak kelompok B di PAUD Gugus I Kecamatan Kretek, Bantul. Analisis data melalui analisis korelasi product moment Pearson dengan bantuan hitung IBM SPSS Statistic 23 menunjukkan hasil korelasi rhitung sebesar 0,637 dengan p = 0,00. Pada taraf signifikansi 1% diperoleh hasil 0,637 > 0,278 yang berarti terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kedua variabel tersebut. Kata kunci: bimbingan belajar oleh orang tua, kemampuan menulis permulaan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 13 Jun 2019 01:11
Last Modified: 13 Jun 2019 01:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64256

Actions (login required)

View Item View Item