KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI PADA ANAK KELOMPOK A DI TK GUGUS II KECAMATAN KRETEK KABUPATEN BANTUL

Fanilih Dwi, Kuncoro (2019) KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI PADA ANAK KELOMPOK A DI TK GUGUS II KECAMATAN KRETEK KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
SKRIPSI_FANILIH DWI KUNCORO_15111244003.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan mengenal bentuk geometri anak kelompok A di TK Gugus II Kecamatan Kretek Kabupaten Bantul dengan indikator kemampuan menunjuk, menyebut, dan mengelompokkan bentuk. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek dari penelitian ini adalah seluruh anak Kelompok A di TK Gugus II Kecamatan Kretek Kabupaten Bantul yang berjumlah 94 anak. Kemampuan mengenal bentuk geometri dilihat dari kemampuan anak dalam menunjuk, menyebut, dan mengelompokkan bentuk-bentuk geometri. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi menggunakan lembar observasi berupa checklist. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak usia dini kelompok A di Gugus II Kecamatan Kretek Kabupaten Bantul tergolong dalam kriteria mampu dengan persentase 69,80%. Persentase tersebut didapatkan dari akumulasi kemampuan menunjuk bentuk geometri sebesar 76,02% yang tergolong dalam kategori mampu, kemampuan menyebutkan nama bentuk geometri sebesar 62,37% yang tergolong dalam kategori mampu, dan kemampuan mengelompokkan bentuk geometri sebesar 71,01% yang juga tergolong dalam kategori mampu. Kata Kunci: kemampuan, geometri, TK kelompok A

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 13 Jun 2019 01:07
Last Modified: 13 Jun 2019 01:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64255

Actions (login required)

View Item View Item