MINAT LITERASI ANAK KELOMPOK A DI TAMAN KANAK-KANAK ‘AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL PIYUNGAN KELURAHAN SRIMARTANI KECAMATAN PIYUNGAN KABUPATEN BANTUL

Luthfiana Latifah, Annisa (2019) MINAT LITERASI ANAK KELOMPOK A DI TAMAN KANAK-KANAK ‘AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL PIYUNGAN KELURAHAN SRIMARTANI KECAMATAN PIYUNGAN KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
Skripsi_Luthfiana Latifah Annisa_15111241028.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan minat literasi anak kelompok A serta memaparkan faktor pendukung dan penghambat penumbuhan minat literasi yang ada di Taman Kanak-Kanak ‘Aisyiyah Bustanul Athfal Piyungan, Kelurahan Srimartani, Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul. Penelitian minat literasi ini menggunakan teori tentang minat dan teori tentang literasi dini. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah guru kelas kelompok A, guru pendamping, dan 35 anak kelompok A. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teori dari Miles dan Huberman yaitu, pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Peneliti melakukan keabsahan data menggunakan metode triangulasi sumber dan triangulasi teknik untuk memastikan kebenaran data. Hasil penelitian ini adalah: (1) Rerata anak yang memiliki minat terhadap menyimak dan memahami bahasa lisan di kelompok A TK ABA Piyungan berjumlah 27 dari 35 anak atau sebesar 79,6 persen. (2) Rerata anak yang memiliki minat berkomunikasi terhadap gambar dan lisan di kelompok A TK ABA Piyungan berjumlah 26 dari 35 anak atau sebesar 75,3 persen. (3) Faktor pendukung dan penghambat minat literasi anak kelompok A di TK ABA Piyungan adalah sebagai berikut; pertama faktor pendukung yakni, memiliki tenaga pendidik yang professional, yang berlatar belakang lulusan sarjana PAUD, adanya ruang literasi yang mendukung proses penumbuhan minat literasi anak kelompok A, dan kegiatan pembelajaran berorietasi pada bidang literasi, seperti kegiatan mendongeng, menulis dan membaca. Kedua faktor penghambat yakni, jumlah media pembelajaran yang terkait literasi jumlahnya terbatas, seperti puzzle dan balok, belum ada ekstrakulikuler dibidang literasi dan belum adanya jadwal wajib kunjung di ruang literasi, serta masih ada beberapa anak yang terlambat datang sehingga tidak mengikuti kegiatan literasi. Kata kunci: Minat Literasi, Anak Kelompok A, TK ABA Piyungan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 13 Jun 2019 01:01
Last Modified: 13 Jun 2019 01:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64254

Actions (login required)

View Item View Item