HUBUNGAN KETERAMPILAN GURU DALAM BERTANYA DAN MENGADAKAN VARIASI DENGAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS V SD SE-GUGUS BODEN POWEL GEBANG PURWOREJO

Pangestuti, Putri Setio (2019) HUBUNGAN KETERAMPILAN GURU DALAM BERTANYA DAN MENGADAKAN VARIASI DENGAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS V SD SE-GUGUS BODEN POWEL GEBANG PURWOREJO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Putri Setio Pangestuti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara keterampilan guru dalam bertanya dan mengadakan variasi dengan keaktifan belajar siswa kelas V SD se-Gugus Boden Powel, Kecamatan Gebang, Kabupaten Purworejo tahun ajaran 2018/2019. Dilatar belakangi oleh bervariasinya keadaan keaktifan belajar siswa di setiap SD yang ada di Gugus Boden Powel dan mayoritas siswa berada dalam kondisi kurang aktif. Objek penelitian ini adalah keaktifan belajar siswa dan keterampilan guru dalam bertanya serta mengadakan variasi dari sudut pandang siswa kelas V SD di Gugus Boden Powel. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan melibatkan seluruh siswa kelas V SD se-Gugus Boden Powel sebagai responden. Subjek penelitian ini berjumlah 158 siswa kelas V SD yang terdiri dari SDN 1 Gintungan, SDN 2 Gintungan, SDN 1 Lugosobo, SDN 2 Lugosobo, SDN 1 Bulus, SDN 2 Bulus, SDN Rendeng, dan SD IT Ash-Shiddiqiyyah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah expost facto. Teknik pengumpulan datanya menggunakan pengukuran skala psikologi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data korelasi parsial dan korelasi bersama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa besarnya korelasi parsial antara keterampilan guru dalam bertanya dengan keaktifan belajar siswa sebesar 0,381. Korelasi parsial antara keterampilan guru dalam mengadakan variasi dengan keaktifan belajar siswa sebesar 0,309. Korelasi antara keterampilan guru dalam bertanya dan mengadakan variasi secara bersama dengan keaktifan belajar siswa sebesar 0,549. Disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara keterampilan guru dalam bertanya dan mengadakan variasi dengan keaktifan belajar siswa. Kata kunci: keterampilan guru dalam bertanya, keterampilan guru dalam mengadakan variasi, keaktifan belajar siswa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 12 Jun 2019 08:57
Last Modified: 12 Jun 2019 08:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64248

Actions (login required)

View Item View Item