Meilany, Nur Isdha (2019) PENINGKATAN RASA INGIN TAHU PADA PEMBELAJARAN IPA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN METODE SNOWBALL THROWING PADA SISWA KELAS IVA SDN GOLO YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.
Text
Nur Isdha Meilany.pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan rasa ingin tahu siswa dalam pembelajaran IPA melalui pembelajaran kooperatif dengan metode snowball throwing pada siswa kelas IVA SDN Golo Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Desain PTK menggunakan Kemmis dan McTaggart yang meliputi perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan skala dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas IVA SD Negeri Golo yang berjumlah 26 siswa. Adapun kriteria keberhasilan variabel rasa ingin tahu adalah minimal 75% siswa mendapat skor ≥75. Hasil pengukuran menunjukkan bahwa persentase ketuntasan rasa ingin tahu mengalami peningkatan sebesar 31% yaitu dari siklus I sebesar 54% ke siklus II sebesar 85%. Persentase keterlaksanaan pembelajaran menggunakan pembelajaran kooperatif dengan metode snowball throwing pada siklus I yaitu 75% dan pada siklus II yaitu 100%. Model pembelajaran kooperatif dengan metode snowball throwing dapat meningkatkan rasa ingin tahu siswa, karena pembelajaran kooperatif yang dilakukan secara berkelompok menggunakan metode snowball throwing membuat siswa aktif melakukan kegiatan berpikir, menulis, bertanya, dan berbicara. Kata kunci: rasa ingin tahu, kooperatif, snowball throwing
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 12 Jun 2019 08:55 |
Last Modified: | 12 Jun 2019 08:55 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64247 |
Actions (login required)
View Item |