PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SD N PERCOBAAN 2 SLEMAN

Noormalitasari, Ulfah (2019) PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SD N PERCOBAAN 2 SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Ulfah Noormalitasari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penguatan pendidikan karakter menjadi sarana untuk memperkuat karakter siswa, terutama di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penguatan pendidikan karakter di SD N Percobaan 2 Sleman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik yang digunakan adalah purposive sehingga subyek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, siswa, pustakawan, komite sekolah dan orangtua. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data menggunakan model analisis data Creswell yang meliputi mengorganisasikan data, membaca keseluruhan data dan memoing, mendiskripsikan dan memberi kode data (coding), menghubungkan tema, serta mengintepretasikan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguatan pendidikan karakter berbasis kelas dilakukan melalui integrasi nilai-nilai karakter dengan materi pembelajaran (mengkaitkan apa yang menjadi pokok bahasan dengan contoh nyata dan praktek), manajemen kelas/leadership (menggunakan metode berpasangan, berkelompok, tanya jawab, penugasan, permainan, media bintang karakter dan pin bergilir serta monitoring dan evaluasi pembelajaran) dan pengembangan muatan lokal (membelajarkan tata krama, unggah-ungguh serta kamis pahing). Penguatan pendidikan karakter berbasis budaya dilakukan dengan pembiasaan nilai-nilai karakter (5S, GLS, sholat berjamaah, kamis pahing, kegiatan hari jumat, literasi agama, TBTQ, dan pembiasaan di kelas), keteladanan (bertegur sapa, disiplin waktu, kerjasama dan tolong menolong) dan melibatkan setiap unsur dalam ekosistem pendidikan (membimbing, mendidik, serta mendukung kegiatan sekolah). Penguatan pendidikan karakter berbasis masyarakat dilakukan melalui pemberdayaan potensi lingkungan sekolah sebagai sumber pembelajaran (memanfaatkan sarana prasarana dan letak sekolah) dan menjalin kerjasama serta jejaring sosial (memperkuat peran orangtua dan kolaborasi dengan masyarakat). Kata Kunci : Penguatan Pendidikan Karakter, Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 12 Jun 2019 08:52
Last Modified: 12 Jun 2019 08:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64246

Actions (login required)

View Item View Item