UPAYA MENINGKATKAN KERJASAMA MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS IVA SD NEGERI GEDONGKIWO YOGYAKARTA

Fitri, Risti Anisa (2019) UPAYA MENINGKATKAN KERJASAMA MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS IVA SD NEGERI GEDONGKIWO YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Risti Anisa Fitri.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama siswa kelas IVA SD Negeri Gedongkiwo dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe Numbered Heads Together (NHT). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan subjek penelitian siswa kelas IVA SD Negeri Gedongkiwo yang berjumlah 30 siswa, dengan 19 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Desain penelitian ini menggunakan model penelitian dari Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, skala, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah expert judgment. Teknis analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan digunakannya model Cooperative Learning tipe Numbered Heads Together (NHT) dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan kerjasama siswa. Peningkatan tersebut dibuktikan dengan hasil skor pra tindakan ada 46,67% dari jumlah siswa yang mencapai skor kerjasama kategori baik. Setelah dilakukan tindakan dengan model Cooperative Learning tipe Numbered Heads Together (NHT) di siklus I, siswa yang mencapai skor kerjasama kategori baik meningkat menjadi 63,33%. Demikian pula setelah dilakukan perbaikan-perbaikan pada siklus II, jumlah siswa yang mencapai kriteria keberhasilan telah mencapai 86,67%, sehingga pada siklus II kerjasama siswa sudah mencapai kriteria keberhasilan yang ditetapkan yaitu sebanyak minimal 76% jumlah siswa mencapai skor skala kerjasama dengan kategori baik. Kata kunci: kerjasama, Cooperative Learning, Numbered Heads Together (NHT)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 12 Jun 2019 08:49
Last Modified: 12 Jun 2019 08:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64245

Actions (login required)

View Item View Item