NILAI-NILAI KARAKTER DALAM PELAKSANAAN KEGIATAN KSTRAKURIKULER SENI TARI PADA SISWA KELAS TINGGI DI SD NEGERI 5 WATES

Rahmah, Nurmia Afiatun (2019) NILAI-NILAI KARAKTER DALAM PELAKSANAAN KEGIATAN KSTRAKURIKULER SENI TARI PADA SISWA KELAS TINGGI DI SD NEGERI 5 WATES. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Nurmia Afiatun Rahmah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai karakter pada pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler seni tari pada siswa kelas tinggi di SD Negeri 5 Wates. Seni tari yang dimaksud adalah Tari Perang. Tari Perang merupakan tari kreasi baru yang menggambarkan tentang prajurit yang sedang berperang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru tari, siswa kelas IV dan V. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles & Huberman meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Nilai-nilai karakter dalam pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler tari di SDN 5 Wates yaitu dengan pembiasaan-pembiasaan pada kegiatan pra, kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir serta melalui karakteristik gerak siswa yang dapat diamati saat menari; 2) Nilai-nilai karakter yang muncul dalam kegiatan ekstrakurikuler tari yaitu disiplin, sopan dan santun, bersahabat/komunikatif, membantu atau menolong, percaya diri, tanggung jawab, jujur, kreatif, kerja keras, peduli lingkungan, menghargai prestasi teman, dan cinta tanah air; 3) Pemahaman guru tentang nilai-nilai atau makna yang terkandung pada tari perang dalam kegiatan ekstrakurikuler tari yaitu guru paham mengenai arti atau makna tari perang yang menggambarkan tentang seorang prajurit yang sedang berperang di medan perang. Guru juga memahami makna tiap bagian dalam tari perang yang terbagi menjadi tiga yaitu gerakan pembuka, gerakan inti, dan gerakan penutup; 4) Guru tidak memberikan penjelasan kepada peserta didik tentang nilai-nilai karakter dalam tari perang dan guru langsung terfokus pada detail gerakan yang diajarkan dalam tari perang. Kata kunci: Nilai-nilai Karakter, Ekstrakurikuler Seni Tari, Siswa Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Tari
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 13 Jun 2019 01:39
Last Modified: 13 Jun 2019 01:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64244

Actions (login required)

View Item View Item