PENGARUH HUKUMAN DAN KETELADANAN GURU TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN PENGASIH

Titisari, Dwi (2019) PENGARUH HUKUMAN DAN KETELADANAN GURU TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN PENGASIH. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Dwi Titisari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hukuman dan keteladanan guru secara parsial maupun simultan terhadap kedisiplinan siswa kelas V SD Negeri Se-Kecamatan Pengasih, Kabupaten Kulon Progo. Apabila terdapat pengaruh yang positif dan signifikan, seberapa kuat pengaruh faktor tersebut yang diberikan terhadap kedisiplinan siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex-postfacto. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas V SD Negeri Se-Kecamatan Pengasih sejumlah 616 siswa dengan sampel berjumlah 237 siswa yang diambil secara acak bertingkat (multistage random sampling). Teknik pengumpulan data menggunakan skala psikologi. Uji validitas instrumen yang digunakan adalah validitas isi dengan teknik expert judgment kemudian diujicobakan kepada 150 siswa. Reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Uji prasyarat analisis yang digunakan yaitu uji linearitas, uji normalitas, dan uji multikoliniearitas. Sedangkan untuk analisis data yang digunakan yaitu uji korelasi parsial dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) hukuman secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kedisiplinan siswa dengan sumbangan 14,93% dimana diperoleh thitung(5,335) > ttabel (1,65) dan taraf signifikansi 0,000 (0,000<0,05); 2) keteladanan guru secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kedisiplinan siswa dengan sumbangan 14,37% dimana diperoleh thitung(4,103) > ttabel (1,65) dan taraf signifikansi 0,000 (0,000<0,05) ; dan 3) hukuman dan keteladanan guru secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kedisiplinan siswa dengan sumbangan sebesar 29,3% dimana diperoleh Fhitung49,941 dan taraf signifikansi 0,000 (0,000<0,05). Bedasarkan hasil penelitian tersebut maka terbukti bahwa hukuman dan keteladanan guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap kedisiplinan siswa, sehingga semakin berkualitas hukuman dan meningkatnya keteladanan guru maka semakin meningkat pula kedisiplinan siswa. Kata kunci : siswa, hukuman, keteladanan guru, kedisiplinan siswa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 12 Jun 2019 08:15
Last Modified: 12 Jun 2019 08:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64242

Actions (login required)

View Item View Item