PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MACROMEDIA FLASH PADA MATERI TERMODINAMIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN PENGUASAAAN MATERI SISWA KELAS XI MAN 2 YOGYAKARTA

Herbawani, Purwita and Sukardiyono, Sukardiyono (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MACROMEDIA FLASH PADA MATERI TERMODINAMIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN PENGUASAAAN MATERI SISWA KELAS XI MAN 2 YOGYAKARTA. S2 thesis, Univeritas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf

Download (26MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Menghasilkan produk media pembelajaran Macromedia Flash pada materi Termodinamika untuk meningkatkan kemandirian dan penguasaan materi siswa kelas XI MAN 2 Yogyakarta 2) Meningkatkan kemandirian siswa kelas XI MAN 2 Yogyakarta dengan menggunakan Macromedia Flash pada materi Termodinamika sebagai bahan ajar 3) Meningkatkan penguasaaan materi siswa kelas XI MAN 2 Yogyakarta dengan menggunakan media pembelajaran Macromedia Flash pada materi Termodinamika sebagai bahan ajar. Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D) yang menggunakan Four D Models yang terdiri dari 1) Pendefinisian 2) Perancangan 3)Pengembangan 4) Penyebaran. Dalam tahap ke (4) penulis memiliki pertimbangan akan keterbatasan biaya dan tenaga sehingga tahap ini hanya dilakukan pada lingkungan sekolah MAN 2 Yogyakarta saja. Jenis data yang digunakan berupa data kualitatif dan kuantitatif yang berupa kritik saran ahli media dan hasil validasi dari penelitian di lapangan. Instrumen yang digunakan dalam pengambilan data berupa 1) Instrumen validasi produk berupa lembar penilaian atau validasi oleh ahli media dan ahli materi 2) Instrumen uji coba berupa lembar angket respon siswa terhadap produk, lembar angket kemandirian belajar siswa, dan tes penguasaaan materi yang terdiri dari pretest dan prostest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Media pembelajaran Macromedia Flash tersebut layak digunakan untuk menumbuhkan kemandirian belajar dan meningkatkan penguasaan materi, 2) Tingkat kemandirian belajar siswa ketika menggunakan media pembelajaran Macromedia Flash pada kategori sedang, dan 3) Tingkat penguasaan kemandirian belajar siswa ketika menggunakan media pembelajaran Macromedia Flash pada kategori sedang.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: macromedia flash, kemandirian dan penguasaan materi
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 13 Jun 2019 07:16
Last Modified: 13 Jun 2019 07:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64239

Actions (login required)

View Item View Item