GAYA BELAJAR SISWA BERPRESTASI AKADEMIK KELAS IV SD NEGERI GEMBONGAN KECAMATAN SENTOLO KABUPATEN KULON PROGO TAHUN AJARAN 2018/2019

Murti, Suryo Tejo (2019) GAYA BELAJAR SISWA BERPRESTASI AKADEMIK KELAS IV SD NEGERI GEMBONGAN KECAMATAN SENTOLO KABUPATEN KULON PROGO TAHUN AJARAN 2018/2019. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Suryo Tejo Murti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gaya belajar siswa berprestasi akademik di kelas IV SD Negeri Gembongan Kecamatan Sentolo Kabupaten Kulon Progo. Aspek yang diteliti meliputi gaya belajar Visual, Auditori dan Kinestetik (VAK) yang dimiliki oleh siswa berprestasi akademik kelas IV SD Negeri Gembongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian siswa berprestasi akademik kelas IV SD Negeri Gembongan pada tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data Miles dan Huberman. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa berprestasi akademik memiliki kombinasi ketiga gaya belajar yaitu visual, auditori, dan kinestetik. Karakter setiap gaya belajar yang dimiliki siswa berbeda-beda dan memiliki jumlah karakter yang berbeda-beda. Siswa berprestasi akademik 2 di antaranya memiliki gaya belajar yang cenderung kepada gaya belajar auditori dan 1 siswa berprestasi akademik memiliki gaya belajar yang cenderung kepada gaya belajar kinestetik. Kata Kunci : Gaya Belajar, Siswa Berprestasi Akademik

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 12 Jun 2019 08:07
Last Modified: 12 Jun 2019 08:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64238

Actions (login required)

View Item View Item