EVALUASI PENGUATAN KARAKTER GEMAR MEMBACA MELALUI GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI GEMBONGAN

Sari, Desiska Astuti Purnama (2019) EVALUASI PENGUATAN KARAKTER GEMAR MEMBACA MELALUI GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI GEMBONGAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Desiska Astuti P.S.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penguatan karakter gemar membaca melalui gerakan literasi sekolah (GLS) siswa kelas V SDN Gembongan yang meliputi pelaksanaan dan evaluasinya. Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluasi kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V, kepala sekolah, guru, dan tenaga pustakawan SDN Gembongan. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpilan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan penguatan karakter gemar membaca melalui GLS siswa kelas V SDN Gembongan sudah berjalan dengan baik yang terlihat dari indikator-indikator pada tahap GLS. Tahap pembiasaan GLS sudah berjalan dengan baik yang ditunjukkan dengan terlaksananya kegiatan 15 menit membaca di awal, tengah, akhir pembelajaran. Tahap pembiasaan ini sudah dilakukan untuk menumbuhkan minat baca siswa kelas V. Tahap pengembangan sudah terlaksana dengan cukup baik yang ditunjukkan dengan terlaksananya pencatatan judul dan nama pengarang buku bacaan pada buku harian siswa serta kegiatan menanggapi buku pengayaan. Tahap pengembangan ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa. Tahap pembelajaran sudah berlangsung dengan cukup baik yang ditunjukkan dengan penggunaan buku pengayaan pada semua mata pelajaran. Tahap pembelajaran ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa pada semua mata pelajaran. Pelaksanaan ketiga tahapan GLS sudah baik, akan tetapi terdapat beberapa hal yang harus dievaluasi seperti pembaharuan sudut baca, pembentukan TLS, dan pengelolaan perpustakaan agar menjadi lebih baik dan menarik sehingga mampu lebih mendukung pelaksanaan GLS di SDN Gembongan. Kata kunci: karakter gemar membaca, gerakan literasi sekolah.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 13 Jun 2019 01:32
Last Modified: 13 Jun 2019 01:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64237

Actions (login required)

View Item View Item