HUBUNGAN INTENSITAS PEMBERIAN TUGAS RUMAH (PR) DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN JETIS TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Afriani, Bekti Rahayu (2019) HUBUNGAN INTENSITAS PEMBERIAN TUGAS RUMAH (PR) DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN JETIS TAHUN PELAJARAN 2018/2019. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
BEKTI RAHAYU AFRIANI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan intensitas pemberian tugas rumah (PR) yang berhubungan dengan kemandirian belajar siswa, dimana PR merupakan faktor mikro yang mempengaruhi kemandirian belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan intensitas pemberian tugas rumah (PR) dengan kemandirian belajar siswa kelas II SD Negeri se-Kecamatan Jetis tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto. Populasi penelitian adalah siswa kelas II SD Negeri se-Kecamatan Jetis sejumlah 592 siswa dengan sampel sebanyak 239 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling. Variabel dalam penelitian ini adalah intensitas pemberian tugas rumah (PR) dan kemandirian belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan metode skala bertingkat. Uji validitas yang digunakan adalah uji validitas konstruk. Uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha. Uji prasyarat analisis data menggunakan uji normalitas dan uji linieritas. Pengujian hipotesis menggunakan uji korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tingkat intensitas pemberian tugas rumah (PR) pada siswa kelas II SD Negeri se-Kecamatan Jetis berada pada kategori sedang dengan persentase sebesar 67,8% ; (2) tingkat kemandirian belajar pada siswa kelas II SD Negeri se-Kecamatan Jetis berada pada kategori sedang dengan persentase sebesar 72% ; dan (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara intensitas pemberian tugas rumah (PR) dengan kemandirian belajar siswa kelas II SD Negeri se-Kecamatan Jetis tahun pelajaran 2018/2019, terbukti dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,855 dan nilai signifikansi sebesar 0,000. Kata kunci: intensitas pemberian tugas rumah (PR), kemandirian belajar, sekolah dasar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 13 Jun 2019 01:05
Last Modified: 13 Jun 2019 01:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64232

Actions (login required)

View Item View Item