PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA ILMU PENGETAHUAN ALAM BERBASIS INKUIRI TERBIMBING

Nasiroh, Dinda (2019) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA ILMU PENGETAHUAN ALAM BERBASIS INKUIRI TERBIMBING. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Dinda Nasiroh.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Lembar Kerja Siswa Ilmu Pengetahuan Alam berbasis inkuiri terbimbing yang layak digunakan. Penilaian kelayakan yang dilakukan oleh ahli materi, media dan responden (siswa). Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model 4D (Define, Design, Develop dan Disseminate). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan; (1) observasi (2) wawancara dan (3) angket. Teknik analisis data yang dilakukan menggunakan analisis deskriptif dengan uji kelayakan dari ahli materi, ahli media, dan responden (siswa). Hasil penelitian ini adalah penilaian kelayakan Lembar Kerja Siswa Ilmu Pengetahuan Alam Berbasis Inkuiri Terbimbing oleh ahli materi mendapatkan jumlah skor perolehan dari keseluruhan aspek sebesar 121 dari skor maksimal 128 dengan nilai rata-rata jumlah skor sebesar 60,5 sehingga termasuk dalam kriteria “Sangat Layak” dengan rerata skor 3,78. Penilaian kelayakan oleh ahli media mendapatkan jumlah skor perolehan dari keseluruhan aspek sebesar 43 dari skor maksimal 52 dengan nilai rata-rata jumlah skor sebesar 43 sehingga termasuk dalam kategori “Sangat Layak” dengan rerata skor sebesar 3,31. Penilaian kelayakan oleh respon siswa secara keseluruhan mendapat nilai sebesar 95,48% dari nilai maksimal 100% sehingga termasuk dalam kriteria “Sangat Layak”. Kata Kunci: Lembar Kerja Siswa, Ilmu Pengetahuan Alam, inkuiri terbimbing

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 11 Jun 2019 06:11
Last Modified: 11 Jun 2019 06:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64231

Actions (login required)

View Item View Item