PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING COMPOSITION (CIRC) SISWA KELAS V SD NEGERI KINTELAN 1

Maulina, Ida Sekar (2019) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING COMPOSITION (CIRC) SISWA KELAS V SD NEGERI KINTELAN 1. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
IDA SEKAR MAULINA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki dua tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran dan hasil keterampilan membaca pemahaman siswa dengan model pembelajaran CIRC siswa kelas V SD Negeri Kintelan 1. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif dengan model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret-April 2019. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Kintelan 1 berjumlah 29 siswa dengan keterampilan membaca pemahaman. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran CIRC dapat meningkatkan proses pembelajaran dan hasil keterampilan membaca pemahaman siswa. Peningkatan proses pembelajaran ditunjukkan siswa lebih antusias, aktif, dan kritis memberikan tanggapan. Siswa lebih fokus dan bersungguh-sungguh dalam membaca sehingga dapat menentukan ide pokok setiap paragraf dan menulis ringkasan. Selain itu, peningkatan keterampilan membaca pemahaman siswa ditunjukkan dengan peningkatan nilai rata-rata kelas. Pada pratindakan nilai rata-rata kelas keterampilan membaca pemahaman siswa sebesar 53,81 dengan presentase 24,14%, kemudian pada siklus I meningkat sebesar 18,51 menjadi 72,32 dengan presentase 55,17%, dan meningkat lagi pada siklus II sebesar 10,62 menjadi 82,94 dengan presentase 86,21%. Nilai rata-rata kelas pada siklus II jika dibandingkan dengan pratindakan meningkat sebesar 29,13 dengan kenaikan persentase sebesar 62,07%. Kata kunci: keterampilan membaca pemahaman, Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 11 Jun 2019 05:58
Last Modified: 11 Jun 2019 05:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64229

Actions (login required)

View Item View Item