Anggraini, Dinar (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU UNO BUNDO (BUDAYA INDONESIA) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN BANTULAN KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.
Text
DINAR ANGGRAINI.pdf Restricted to Registered users only Download (25MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran Kartu UNO BUNDO. Media yang dikembangkan bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar IPS siswa kelas IV SDN Bantulan Kabupaten Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model Borg and Gall (1983). Penelitian ini hanya sampai pada tahap ke-9 dari 10 tahap yang ada, yaitu penelitian dan pengumpulan informasi awal, perencanaan, pengembangan bentuk produk awal, uji coba perorangan, revisi produk hasil uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, revisi produk hasil uji coba kelompok kecil, uji lapangan, dan penyempurnaan produk akhir. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Bantulan yang terdiri dari 3 siswa sebagai subyek uji coba perorangan, 10 siswa sebagai subyek uji coba kelompok kecil, dan 27 siswa sebagai subyek uji lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan tes. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif untuk kelayakan media dan uji t sampel berpasangan (paired sample t-test) untuk efektivitas media. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran Kartu UNO BUNDO yang dikembangkan layak digunakan. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil validasi dari ahli media memperoleh skor 4 (sangat layak), hasil validasi dari ahli materi memperoleh skor 3,83 (sangat layak), hasil uji coba perorangan memperoleh skor 3,5 (sangat layak), hasil uji coba kelompok kecil memperoleh skor 3,59 (sangat layak), dan hasil uji coba lapangan memperoleh skor 3,61 (sangat layak). Rata-rata skor motivasi belajar meningkat dari 70% menjadi 90% setelah menggunakan media dan hasil analisis uji-t memperoleh nilai t hitung 12,142 lebih besar dari t tabel 2,056 dan nilai sig 0,000 lebih kecil dari 0,05. Sedangkan rata-rata prestasi belajar IPS meningkat dari nilai 42 menjadi 72 setelah menggunakan media, hasil analisis uji-t memperoleh nilai t hitung 12,810 lebih besar dari t tabel 2,056 dan nilai sig 0,000 lebih kecil dari 0,05. Berdasarkan kedua data tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran Kartu UNO BUNDO dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar IPS. Kata kunci: pengembangan media, kartu UNO BUNDO
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Media Pendidikan Ilmu Sosial > Pendidikan IPS Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 11 Jun 2019 02:50 |
Last Modified: | 11 Jun 2019 02:50 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64225 |
Actions (login required)
View Item |