PENGARUH POSITIVE DAN NEGATIVE REINFORCEMENTTERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR SE-GUGUS ABIMANYU KECAMATAN TEMANGGUNG KABUPATEN TEMANGGUNG

Ulya, Nadhifatul (2019) PENGARUH POSITIVE DAN NEGATIVE REINFORCEMENTTERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR SE-GUGUS ABIMANYU KECAMATAN TEMANGGUNG KABUPATEN TEMANGGUNG. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
NADHIFATUL ULYA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui pengaruh positive reinforcement terhadap motivasi belajar IPS; 2) mengetahui pengaruh negative reinforcement terhadap motivasi belajar IPS; dan 3) mengetahui pengaruh positive dan negative reinforcement terhadap motivasi belajar IPS. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD se-Gugus Abimanyu Kecamatan Temanggung, Kabupaten Temanggung yang berjumlah 218 siswa dengan sampel penelitian berjumlah 141 siswa yang ditentukan dengan menggunakan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data menggunakan skala likert. Skala likert ini diujicobakan kepada 41 siswa. Uji validitas instrument menggunakan validitas isi dengan teknik expert judgement, sedangkan daya beda dihitung menggunakan koefisien korelasi aitem total terkoreksi, dan reliabilitas menggunakan rumus alpha cronbach. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas, uji linearitas, dan uji multikolinearitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji korelasi parsial, uji korelasi ganda, dan teknik analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) positive reinforcement berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar IPS siswa dengan sumbangan sebesar 9,73%; 2) negative reinforcement berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar IPS siswa dengan sumbangan sebesar 43,37%; 3) positive dan negative reinforcement berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar IPS siswa dengan sumbangan sebesar 53,1%. Kata kunci: positive reinforcement, negative reinforcement, motivasi belajar IPS.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 11 Jun 2019 00:49
Last Modified: 11 Jun 2019 00:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64220

Actions (login required)

View Item View Item