INTEGRASI NILAI-NILAI KARAKTER DALAM PROSES PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS IV SDIT YAA BUNAYYA SLEMAN

Fatimah, Ais (2019) INTEGRASI NILAI-NILAI KARAKTER DALAM PROSES PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS IV SDIT YAA BUNAYYA SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Ais Fatimah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Gerakan penguatan pendidikan karakter sebagai fondasi dan ruh utama pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskipsikan integrasi nilai-nilai karakter dalam proses pembelajaran pada siswa kelas IV di SDIT Yaa Bunayya Sleman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis deskriptif kualitatif. Sumber data primer ialah guru kelas IV dan siswa kelas IV. Pengumpulan data dilaksakan menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan model Miles & Huberman meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitin menunjukkan bahwa proses pembelajaran di kelas IV telah mengintegrasikan nilai-nilai karakter religius, nasionalis, mandiri, gotorng-royong dan integritas. Strategi dalam mengintegrasikan nilai-nilai karakter tersebut melalui proses pembelajaran yang tersusun atas perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Integrasi nilai karakter pada kegiatan perencanaan pembelajaran melalui analisis KD dan modifikasi kegiatan pembelajaran. Integrasi nilai karakter pada kegiatan pelaksanaan pembelajaran melalui ceremonial kegiatan pembukaan pengelolaan kelas, pemberian nasihat, keteladanan, variasi metode pembelajaran, pembelajaran tematik, dan kegiatan penutup. Nilai karakter dievaluasi menggunakan buku poin, jurnal sikap, lembar pantau orang tua, dan laporan hasil belajar. Kata kunci: integrasi, nilai karakter, proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 11 Jun 2019 00:46
Last Modified: 11 Jun 2019 00:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64219

Actions (login required)

View Item View Item