PENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR IPS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI PIRING MURTIGADING SANDEN BANTUL

Febriyani, Febriyani (2019) PENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR IPS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI PIRING MURTIGADING SANDEN BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Febriyani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemandirian belajar IPS siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Piring dengan menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan subjek penelitian siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Piring yang berjumlah 19 siswa. Desain penelitian ini menggunakan model penelitian dari Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Data dikumpulkan dengan Teknik skala, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah minimal 75% dari jumlah siswa yang hadir nilai kemandirian belajarnya berada dalam kategori minimal tinggi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemandirian belajar siswa setelah menggunakan model cooperative learning tipe jigsaw. Pada pra tindakan jumlah siswa dengan klasifikasi kemandirian belajar minimal kategori tinggi sebesar 52,63% dari jumlah siswa yang hadir dengan pencapaian indikator menetapkan kompetensi-kompetensi belajarnya sendiri paling rendah dibandingkan indikator kemandirian belajar yang lain. Pada siklus 1 siswa kelas V yang berhasil mencapai klasifikasi kemandirian belajar minimal kategori tinggi meningkat menjadi 63,16% dari jumlah siswa yang hadir dan terdapat peningkatan pencapaian 11 indikator kemandirian belajar. Pada siklus 2 siswa kelas V yang berhasil mencapai klasifikasi kemandirian belajar minimal kategori tinggi meningkat lagi menjadi 84,21% dari jumlah siswa yang hadir, sehingga kriteria keberhasilan penelitian telah tercapai dan disertai dengan peningkatan pencapaian 12 indikator kemandirian belajar. Kata kunci: kemandirian belajar IPS, cooperative learning, jigsaw.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 11 Jun 2019 00:44
Last Modified: 11 Jun 2019 00:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64218

Actions (login required)

View Item View Item