IMPLEMENTASI KETERAMPILAN PENGELOLAAN KELAS DI KELAS VI SD NEGERI POLENGAN 1 KABUPATEN MAGELANG TAHUN AJARAN 2018/2019

Aini, Kurnia Nur (2019) IMPLEMENTASI KETERAMPILAN PENGELOLAAN KELAS DI KELAS VI SD NEGERI POLENGAN 1 KABUPATEN MAGELANG TAHUN AJARAN 2018/2019. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Kurnia Nur Aini.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang implementasi pengelolaan kelas di kelas VI SD Negeri Polengan 1 Kabupaten Magelang tahun ajaran 2018/2019. Pengelolaan kelas adalah keterampilan yang dimiliki guru dalam mengatur kelas untuk menciptakan kelas yang kondusif agar kegiatan pembelajaran dapat berjalan lancar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif dengan subjek penelitiannya adalah guru, siswa, dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan komponen analisis data model interaktif Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan kelas dilakukan dengan cara pengelolaan fisik, pendekatan pengelolaan kelas, dan prosedur pengelolaan kelas. Pengelolaan fisik telah menerapkan lima prinsip dalam menata lingkungan fisik yaitu: 1) visibility, 2) accesibility, 3) fleksibility, 4) kenyamanan, dan 5) keindahan. Pendekatan yang digunakan di kelas VI adalah: 1) pendekatan kekuasaan, 2) pendekatan ancaman, 3) pendekatan pengajaran, 4) pendekatan pengubahan tingkah laku, 5) pendekatan sosioemosional, 6) pendekatan proses kelompok, dan 7) pendekatan kebebasan. Pendekatan yang dilakukan oleh guru menciptakan hubungan pribadi yang hangatantara siswa dengan guru. Guru juga memperhatikan prinsip pengelolaan kelas yaitu: 1) hangat dan antusias, 2) tantangan, 3) bervariasi, 4) keluwesan, 5) penekanan pada hal-hal positif, dan 6) penanaman disiplin diri. Prosedur pengelolaan kelas yang dilaksanakan adalah prosedur preventif dan kuratif. Prosedur yang dilaksanakan dapat meminimalisir tingkah laku yang tidak diinginkan. Kata kunci: guru, pengelolaan kelas, siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 11 Jun 2019 00:40
Last Modified: 11 Jun 2019 00:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64217

Actions (login required)

View Item View Item