PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR IPA MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TALKING STICK PADA SISWA KELAS V SD NEGERI MARGOYASAN YOGYAKARTA

Salsabila, Safirane (2019) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR IPA MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TALKING STICK PADA SISWA KELAS V SD NEGERI MARGOYASAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Safirane Salsabila.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA melalui model cooperative learning tipe talking stick di kelas V SD Negeri Margoyasan Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Margoyasan Yogyakarta yang berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar pedoman observasi siswa dan guru, serta wawancara. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah deskripsi kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model cooperative learning tipe talking stick dengan sintaks: (1) guru menyiapkan tongkat dan sajian pokok; (2) siswa mempelajari materi/percobaan yang diberikan; (3) siswa membawa tongkat dan memutarkannya sembari bernyanyi, siswa yang mendapat tongkat harus menjawab pertanyaan dari guru; (4) siswa lain berkesempatan untuk membawa tongkat, dan siswa menjawab kembali pertanyaan dari guru, dst; (5) siswa menyimpulkan, mengerjakan soal evaluasi, dan refleksi dapat meningkatkan motivasi belajar IPA siswa. Peningkatan dapat dilihat dari rata-rata motivasi belajar IPA siswa secara keseluruhan pada siklus I sebesar 65% (kategori cukup) menjadi 85% (kategori sangat tinggi) pada siklus II sehingga mengalami peningkatan sebesar 19% setelah dilakukan perbaikan. Rata-rata keseluruhan skor observasi ketercapaian guru menggunakan model cooperative learning tipe talking stick pada siklus I yaitu 80% meningkat menjadi 100% pada siklus II sehingga mengalami peningkatan sebesar 20% setelah dilakukan perbaikan. Kata kunci: motivasi belajar, pembelajaran IPA, talking stick.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 11 Jun 2019 00:36
Last Modified: 11 Jun 2019 00:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64216

Actions (login required)

View Item View Item