PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA MODEL INVESTIGATION BASED MULTIPLE REPRESENTATION (IBMR) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK SMA

Nur Safitri, Febryanawati and Pujianto, Pujianto (2019) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA MODEL INVESTIGATION BASED MULTIPLE REPRESENTATION (IBMR) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK SMA. S1 thesis, Univeritas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Skripsi full.pdf

Download (18MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) menghasilkan produk perangkat pembelajaran IBMR yang layak untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas X SMA dan (2) mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah peserta didik setelah diimplementasikan perangkat pembelajaran IBMR di kelas. Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D) dengan model 4-D (Define, Design, Develop, dan Desseminate). Tahap define untuk mengidenfikasikan masalah dalam pembelajaran melalui beberapa analisis. Tahap design untuk menghasilkan produk awal dan instrumen penelitian. Tahap develop untuk memperoleh validitas produk dan instrumen. Tahap desseminate digunakan untuk menyebarluaskan produk Perangkat Pembelajaran Berbasis IBMR. Subjek pada penelitian ini yaitu Kelas XMIPA SMA N 2 Sleman Tahun Ajaran 2018/2019. Instrumen penelitian menggunakan: RPP, Lembar validasi, tes kemampuan pemecahan masalah, LKPD berbasis IBMR dan lembar observasi keterlaksanaan RPP. Teknik analisis data meliputi analisis validasi instrumen dan analisis hasil. Teknik analisis validitas instrumen menggunakan CVR dan CVI, sedangkan untuk analisis hasil penelitian menggunakan Normalized gain dan IJA. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) perangkat pembelajaran Modul Fisika berbasis IBMR, LKPD berbasis IBMR, soal tes kemampuan pemecahan masalah, dan RPP yang telah dikembangkan layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik SMA pada materi vektor Kelas XIPA 2 SMA N 2 Sleman Tahun Ajaran 2018/2019 dengan kategori sangat baik, (2) peningkatan kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik SMA setelah menggunakan Perangkat pembelajaran fisika berbasis IBMR berdasarkan nilai Normalized Gain adalah sebesar 0,61 dengan kategori sedang.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran fisika, multi representasi, IBMR, pemecahan masalah
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 13 Jun 2019 07:09
Last Modified: 13 Jun 2019 07:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64214

Actions (login required)

View Item View Item