PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL PEMBELAJARAN IBMR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK SMA

Yuliana, Oki Adi and Wiyatmo, Yusman (2019) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL PEMBELAJARAN IBMR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK SMA. S1 thesis, Univeritas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (18MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan produk perangkat pembelajaran Investigation Based Multiple Representation (IBMR) yang layak untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada materi vektor kelas X SMA, 2) mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif peserta didik setelah diimplementasikan perangkat pembelajaran IBMR di kelas. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X semester I SMA N 2 Sleman tahun pelajaran 2018/2019. Tahap define dilakukan untuk mendefinisikan permasalahan dan kebutuhan penelitian. Tahap design merupakan perancangan perangkat pembelajaran berupa RPP, modul, LKPD serta instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi, lembar observasi keterlaksanaan RPP, soal pretest, dan posttest. Tahap develop, pada tahap ini produk awal perangkat pembelajaran divalidasi oleh validator ahli dan validator praktisi untuk memperoleh kelayakan produk berdasarkan hasil validasi dan saran serta komentar validator. Setelah divalidasi dan direvisi kemudian dilakukan revisi dan uji coba produk secara terbatas dan uji coba luas pada peserta didik. Teknik analisis data untuk kelayakan RPP, modul, dan LKPD menggunakan analisis SBi. Validitas isi dan konstruksi soal pretest dan postest dianalisis menggunakan analisis CVR dan CVI. Peningkatan kemampuan berpikir kreatif peserta didik dianalisis menggunakan standard gain. Tahap disseminate dilakukan penyebaran perangkat pembelajaran dengan membagikan perangkat pembelajaran model pembelajaran IBMR kepada guru fisika SMA N 2 Sleman. Hasil penelitian menunjukkan: 1) telah dihasilkan perangkat pembelajaran materi vektor berupa RPP, modul, LKPD, dan instrumen penilaian berbasis model pembelajaran Investigation Based Multiple Representation (IBMR) yang layak untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik SMA dengan nilai rerata SBi secara berturut untuk RPP, modul, dan LKPD sebesar 107, 67, dan 71,5 dengan kategori sangat baik, 2) besar peningkatan kemampuan berpikir kreatif peserta didik SMA yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran IBMR pada materi vektor ditunjukkan dengan nilai standard gain <g> sebesar 0,58 dengan kategori sedang.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: perangkat pembelajaran, Investigation Based Multiple Representation (IBMR), kemampuan berpikir kreatif, vektor
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 13 Jun 2019 07:07
Last Modified: 13 Jun 2019 07:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64213

Actions (login required)

View Item View Item