TINGKAT KEMAMPUAN TEKNIK DASAR FOREHAND DAN BACKHAND GROUNDSTROKE MINI TENIS SISWA PUTRA DAN PUTRI KELAS ATAS SD NEGERI SINDUADI 1 KECAMATAN MLATI KABUPATEN SLEMAN

Fadhillah, Zulfikar (2019) TINGKAT KEMAMPUAN TEKNIK DASAR FOREHAND DAN BACKHAND GROUNDSTROKE MINI TENIS SISWA PUTRA DAN PUTRI KELAS ATAS SD NEGERI SINDUADI 1 KECAMATAN MLATI KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Zulfikar Fadhillah 14601244004.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kemampuan teknik dasar forehand dan backhand groundstrokes merupakan teknik yang sangat penting dalam permainan mini tenis. Pemain akan berpeluang lebih besar meraih kemenangan apabila kemampuan teknik dasar forehand dan backhand groundstrokesnya lebih baik, karena kemampuan teknik dasar forehand dan backhand adalah yang paling sering digunakan saat bermain mini tenis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan teknik dasar forehand dan backhand groundstrokes permainan mini tenis siswa putra dan putri kelas atas SD Negeri Sinduadi 1, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman. Metode penelitian ini adalah metode survei dengan teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik tes dan pengukuran. Subjek penelitian adalah siswa putra dan putri kelas atas kelas atas SD Negeri Sinduadi 1 yang berjumlah 30 siswa, secara detail 16 siswa putra dan 14 siswa putri. Instrumen tes menggunakan Dyer Tennis Test dengan validitas tes sebesar 0,85 sampai dengan 0,90 dan koefisien reliabilitas tes sebear 0,90 (Ngatman, 2001: 33). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada siswa putra dan putri kelas atas (0%) yang mendapat kategori kurang sekali (0%), 14 siswa putra dan putri kelas atas mendapat kategori kurang (47%), 9 siswa putra dan putri kelas atas mendapat kategori sedang (30%), 4 siswa putra dan putri kelas atas mendapat kategori baik (13%), 3 siswa mendapat kategori baik sekali (10%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bahwa tingkat kemampuan teknik dasar forehand dan backhand groundstrokes mini tenis siswa putra dan putri kelas atas kelas atas SD Negeri Sinduadi 1, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman berkategori kurang.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan, Forehand dan Backhand, Mini Tenis, siswa putra dan putri kelas atas
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 29 May 2019 06:43
Last Modified: 29 May 2019 06:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64206

Actions (login required)

View Item View Item