Andita, Sizka Ayu (2019) HUBUNGAN ANTARA KEPEDULIAN SOSIAL DENGAN PENYESUAIAN SOSIAL SISWA KELAS V SD SE-GUGUS I SENDANGTIRTO BERBAH. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.
Text
Sizka Ayu Andita.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) tingkat kepedulian sosial siswa, 2) tingkat penyesuaian sosial siswa, dan 3) hubungan antara kepedulian sosial dengan penyesuaian sosial siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Se-Gugus I Sendangtirto Berbah yang berjumlah 199 siswa dengan sampel penelitian berjumlah 134 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data penyesuaian sosial dan kepedulian sosial yaitu dengan skala psikologi. Instrumen diuji cobakan kepada 30 siswa. Uji validitas instrumen menggunakan validitas isi dan uji coba ke SD yang dihitung dengan rumus Product Moment. Reliabilitas instrumen diketahui menggunakan Cronbach’s Alpha. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat analisis dan uji hipotesis dengan rumus korelasi Product Moment. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan linearitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kepedulian sosial siswa (63,4%) termasuk kategori sedang, (2) penyesuaian sosial siswa (61,9%) termasuk kategori sedang, dan (3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara kepedulian sosial dengan penyesuaian sosial siswa kelas V SD Se-Gugus I Sendangtirto Berbah. Hal tersebut ditunjukkan dengan hasil korelasi Product Moment 0,815 dan taraf signifikansi 0,000 < 0,05. Kata kunci: kepedulian sosial, penyesuaian sosial
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 28 May 2019 04:54 |
Last Modified: | 28 May 2019 04:54 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64194 |
Actions (login required)
View Item |