MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PENGUKURAN PANJANG DAN BERAT MENGGUNAKAN MEDIA REALIA DI KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI KREKAH KABUPATEN BANTUL

Afifah, Riana Nur (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PENGUKURAN PANJANG DAN BERAT MENGGUNAKAN MEDIA REALIA DI KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI KREKAH KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Riana Nur Afifah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SD Negeri Krekah pada mata pelajaran Matematika dengan pokok bahasan pengukuran berat dan pengukuran panjang dengan menggunakan media realia. Dalam penelitian ini pembelajaran yang akan dilaksanakan yaitu pengukuran panjang dan berat menggunakan media realia berupa alat ukur panjang dan berat. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri Krekah tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 28 siswa, terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Desain penelitian menggunakan model penelitian Kemiss dan Mc Tagart yang dimodifikasi oleh Suharsimi Arikunto. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah observasi dan tes. Instrument penelitian menggunakan lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media realia dapat meningkatkan proses dan hasil pembelajaran matematika siswa kelas II SD Negeri Krekah. Peningkatan aktivitas pembelajaran menggunakan media realia dapat dilihat pada akhir siklus I yaitu aktivitas siswa mencapai kualifikasi sedang dengan taraf keberhasilan 72% kemudian meningkat pada akhir siklus II yaitu aktivitas siswa mencapai kualifikasi tinggi dengan taraf keberhasilan 95%. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai yang diperoleh siswa. Pada siklus I rata-rata nilai yang diperoleh 69 meningkat pada siklus II menjadi 81. Jumlah siswa yang mencapai ketuntasan pada siklus I sebanyak 19 atau sebesar 68% pada siklus II meningkat menjadi 26 siswa atau sebesar 93%. Kata Kunci : hasil belajar matematika, media realia, kelas II SD

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 28 May 2019 04:16
Last Modified: 28 May 2019 04:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64191

Actions (login required)

View Item View Item