PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS VB DI SD NEGERI KREKAH GILANGHARJO PANDAK BANTUL

Fahrunisa, Amelia (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS VB DI SD NEGERI KREKAH GILANGHARJO PANDAK BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Amelia Fahrunisa.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPA melalui penerapan model Problem Based Learning pada kelas VB SD Negeri Krekah. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Desain PTK menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri atas perencanaan, aksi/tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes uraian dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VB di SD Negeri Krekah yang berjumlah 20 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) persentase kemampuan siswa untuk bertanya dan menjawab pertanyaan yang menantang dan membutuhkan penjelasan meningkat 3% dari 80% pada siklus I menjadi 83% pada siklus II; (2) persentase kemampuan siswa untuk mendefinisikan istilah dan mempertimbangkan suatu definisi meningkat 29,9% dari 59,2% pada siklus I menjadi 89,1% pada siklus II; dan (3) persentase kemampuan siswa untuk menentukan suatu tindakan mengalami meningkat 28,4% dari 52,5% pada siklus I menjadi 80,9% pada siklus II. Adapun indikator keberhasilannya adalah tiga dari lima indikator kemampuan berpikir kritis mencapai persentase minimal 75% dan 70% siswa memiliki kemampuan berpikir kritis dengan kategori baik. Selain itu, jumlah siswa dengan kemampuan berpikir kritis dalam kategori baik mengalami peningkatan sebesar 35% dari 35% pada siklus I menjadi 70% pada siklus II. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPA karena tiga dari lima indikator tersebut telah tuntas. Kata kunci: Berpikir Kritis, Model PBL, Pembelajaran IPA

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 28 May 2019 04:04
Last Modified: 03 Aug 2022 04:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64190

Actions (login required)

View Item View Item