PENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS V SD 1 SEKARSULI KECAMATAN BANGUNTAPAN KABUPATEN BANTUL

Nur’aini, Anna Fitri (2019) PENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS V SD 1 SEKARSULI KECAMATAN BANGUNTAPAN KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Anna Fitri Nur'aini.pdf
Restricted to Registered users only

Download (19MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar kognitif melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada pembelajaran tematik siswa kelas V SD. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas V sebanyak 15 siswa. Desain penelitian yang digunakan yaitu model Kemmis dan Mc. Taggart dengan tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi, skala motivasi dan tes. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar kognitif siswa pada pembelajaran tematik. Hal tersebut dibuktikan dengan rata-rata skor motivasi belajar siswa mengalami peningkatan dari prasiklus 59,47, siklus I 68,68, siklus II 71,89. Rata-rata skor motivasi belajar siswa siklus II telah mencapai skor ≥66 yang termasuk dalam kategori baik. Siswa aktif selama pelaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Pada tahap berpikir bersama semua siswa berdiskusi bersama kelompoknya mengenai jawaban dari pertanyaan guru. Siswa yang nomornya di panggil guru saling berlomba mengangkat tangan untuk dapat menjawab pertanyaan pada tahap menjawab. Rata-rata hasil belajar kognitif siswa juga mengalami peningkatan dari prasiklus 52,93, siklus I 67,20, siklus II 80,67. Rata-rata hasil belajar kognitif siswa siklus II telah mencapai KKM yang ditentukan sekolah yaitu ≥70. Hasil belajar kognitif siswa yang diukur yaitu kognitif C1,C2, C3 dan C4 sesuai dengan karakteristik siswa kelas V SD. Kata kunci: Motivasi Belajar, Hasil Belajar Kognitif, Numbered Heads Together.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 28 May 2019 04:00
Last Modified: 28 May 2019 04:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64189

Actions (login required)

View Item View Item